Sukses

5 Tren Desain Rumah 2022 dan Cara Mewujudkannya

Ruang terbuka membuat rumah terkesan lebih luas dengan udara yang bebas mengalir di dalam ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap orang tentu ingin memiliki rumah pribadi yang nyaman dan selalu membuat betah penghuninya. Setiap tahun, desain rumah selalu mengalami perubahan diiringi dengan tren pasar. Jika dulu di Indonesia populer dengan desain yang minimalis, berbeda di tahun 2022 ini.

Disebut-sebut, arsitektur desain tahun 2022 akan lebih global, ekologi dan inklusif. Seperti ruang yang lebih terbuka, berbahan material alami, garis sederhana dan dekorasi yang menenangkan.

Apapun desain rumah yang sedang ngetren, sebaiknya rumah memenuhi standar keselamatan, kenyamanan, hingga kesehatan. Berikut ini ada daftar rekomendasi desain rumah yang diyakini akan menjadi tren di tahun 2022.

1. Rumah dengan desain ruang terbuka

Tren rumah 2022 dengan desain ruang terbuka ini sejalan dengan konsep sustainable development (pembangunan berkelanjutan). Konsep ini dibuat dengan mengurangi partisi atau sekat. Ruang terbuka membuat rumah terkesan lebih luas dengan udara yang bebas mengalir di dalam ruangan. Rumah dengan konsep semacam ini terasa lebih sehat karena lebih ramah lingkungan dan hemat energi, bonus dengan udara segar.

2. Desain rumah dengan dapur menjadi fokus utama

Tren rumah 2022 selanjutnya adalah dapur on point. Banyak rumah-rumah yang mengambil gaya ini meski rumah tersebut tidak terlalu luas.Konsep open space kitchen atau dapur terbuka biasanya dekat dengan ruang keluarga. Konsep dapur seperti ini biasanya memiliki meja bar yang disesuaikan dengan luas ruangan. Desain rumah yang mengadopsi konsep ini menciptakan kesan santai.

3. Sentuhan balkon luar

Desain rumah dengan halaman terbuka atau desain balkon luar dapat membuat rumah terkesan tidak sempit. Ruang balkon luar bisa digunakan untuk tempat berkumpul keluarga.Rumah yang sempit pun juga bisa menggunakan konsep ini tanpa memasang sofa, biarkan kosong untuk memberi kesan lega.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Desain rumah tanpa sekat

Desain rumah tanpa sekat tampaknya sedang diminati oleh generasi milenial yang berencana free child. Ya, rumah dengan desain ini akan sangat cocok untuk pasangan tanpa anak.

Seperti namanya, rumah tanpa sekat ini tidak memberikan sentuhan tembok sebagai pembatas, kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Keuntungan dari desain ini, rumah akan tampak lebih luas dan bebas gerak namun kekurangannya jika ada tamu privacy agak kurang terjaga.

5. Smart Home

Ketika mendengar namanya, pasti sudah terbayangkan jika rumah ini penuh dengan teknologi canggih. Uuntuk memiliki rumah dengan konsep smart home memang perlu budget yang lebih besar.Rumah dengan konsep smart home, segala sesuatunya diatur oleh teknologi. Misalnya menutup pagar hingga atap menggunakan remot kontrol. Mematikan lampu, menyalakan air pun otomatis dengan arahan pemilik rumah.

Tips Punya Rumah Idaman

Setiap orang memiliki mimpi bisa membangun rumah sesuai dengan konsep yang diharapkannya. Namun, terkadang bingung dari mana harus memulai selain membeli tanah sebagai permulaan. Mewujudkan konsep rumah impian tentu tak bisa sembarangan. Butuh tenaga profesional seperti arsitek yang akan mengurus semua perencanaan, pembuatan desain hingga hal-hal kecil yang berkaitan dalam pembangunan.

Salah satu rekomensasi jasa kontraktor profesional yakni bikinrumah.co.id yang memiliki tim mayoritas anak-anak muda dengan kreativitas tinggi. Jasa kontraktor bikinrumah.co.id akan memenuhi setiap detail yang diinginkan klien karena tim sudah berpengalaman membangun rumah-rumah modern tak hanya di Pulau Jawa, namun antar pulau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.