Sukses

Kamu Berharga, Kampanye Bangkitkan Kesadaran Melawan Kekerasan Terhadap Perempuan

Kekerasan terhadap perempuan, apapun bentuknya, semestinya tidak ditoleransi.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kekerasan terhadap perempuan belum juga tuntas tertangani. Angkanya bahkan naik selama pandemi. Menurut survei Komnas Perempuan, kasus kekerasan terhadap perempuan naik 15 persen sejak 2019 dan dua kali lebih banyak kasusnya sejak 2020.

Sebuah komunitas perempuan, Rahasia Gadis, meluncurkan kampanye bertajuk Kamu Berharga pada Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2022. Kampanye itu bertujuan meningkatkan kesadaran atas kekerasan pada perempuan dan mengingatkan seluruh perempuan di Indonesia bahwa mereka berharga dalam kondisi apapun.

 

"Kampanye ini dimulai dari mendengarkan cerita gadis-gadis di Confession Room Rahasia Gadis. Sayangnya, kami melihat peningkatan drastis terkait cerita kekerasan dan toxicrelationships yang menghancurkan self-worth serta kepercayaan diri para gadis," kata Adelle Odelia Tanuri, Co-Founder Rahasia Gadis, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (14/3/2022).

Ia berpendapat kasus tersebut jangan lagi dianggap tabu dan diperlakukan lebih serius. Dalam banyak kasus, kekerasan tersebut, baik berupa emosional, fisik, finansial, maupun daring, ikut memengaruhi kondisi kesehatan mental korban.

"Saya berharap kampanye ini bisa menjadi pengingat bagi jutaan gadis bahwa mereka sangat berharga, memiliki hak yang harus diperjuangkan, dan mereka memiliki kekuatan yang luar biasa," sambung Adelle.

Kampanye puncak Kamu Berharga berlangsung pada 8 Maret 2022 lalu. Mereka yang berpartisipasi akan mengunggah foto mereka di media sosial masing-masing sambil mengunggah tulisan #KamuBerharga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Donasi

Sejumlah nama tenar ikut bergabung dalam kampanye tersebut, seperti Najwa Shihab, Cinta Laura, Luna Maya, dan Greysia Polii. Setiap unggahan tersebut dikonversikan dengan donasi sebesar Rp10 ribu ke Yayasan Indonesia Indonesia untuk Kemanusiaan dalam program Pundi Perempuan.

Dalam keterangan unggahannya, Cinta Laura membagikan cerita pribadi terkait self-worth, "Aku berharga. Kamu berharga. Kita berharga. Jangan pernah membiarkan orang lain membuatmu merasa kecil. Do not dim your light out of fear for what others might think. You’re worth it."

"Setiap perempuan rentan terhadap pelecehan seksual. Setop menyalahkan korban. Yang bersalah adalah pelaku, tidak pernah korban. Tiap kita pantas dan berharga," tulis Najwa Shihabdi caption unggahannya.

3 dari 5 halaman

Masih Berlanjut

Kampanye Kamu Berharga tidak berhenti di Hari Perempuan Internasional saja. Hal itu masih akan berlanjut sampai Hari Kartini 21 April 2022, dengan rangkaian acara live streaming dalam bentuk Instagram live dan YouTube live.

"Kampanye #KamuBerharga sangat personal bagi aku. Tahun lalu aku banyak mengalami banyak hal yang membuat aku merasa sangat tidak berharga sampai jatuh dalam episode depresi yang cukup buruk. Dan salah satu yang sangat membantu aku adalah mengatakan dan percaya terhadap dua kata ini: kamu berharga," kata Dhika Himawan, Co-Founder Rahasia Gadis.

 

4 dari 5 halaman

Momentum Perlawanan

Adelle dan Dhika mengatakan bahwa 90 persen di komunitas Rahasia Gadis merasa mereka tidak berharga dan kepercayaan diri mereka berkurang saat beranjak dewasa. Tidak kurang dari 15.000 gadis mengalami pelecehan dan kekerasan yang diceritakan di Confession Room situs Rahasia Gadis.

"Maka dengan Momentum Hari Perempuan Sedunia, Rahasia Gadis berkomitmen untuk mengedukasi para gadis akan hak dan kekuatan mereka serta melawan kekerasan terhadap gadis di Indonesia," ujar keduanya.

5 dari 5 halaman

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.