Sukses

Riwayat Sekolah Wirda Mansur Menurut Ustaz Yusuf Mansur

Riwayat pendidikan Wirda Mansur tengah jadi pembicaraan publik karena diduga berbohong karena kuliah di banyak tempat, termasuk Universitas Buckingham, Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - "Alhamdulillah. Saya bangga dengan kak Wirda, bangga banget. Seorang papa bangga pada anaknya," kata Ustaz Yusuf Mansur mengawali sebuah video yang diunggah ke akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu. "Sedikit tentang Wirda. Met al mulk ya," tulisnya sebagai keterangan rekaman yang membicarakan putrinya, Wirda Mansur.

Ia menyebutkan, sejak kelas empat atau lima SD, Wirda sudah ditaruh di sejumlah pesantren. "Enggak ada yang lama, sebentar-sebentar," tuturnya menambahkan pesantren-pesantren itu antara lain berlokasi di Jombang, Jawa Timur, serta Bandung dan Cianjur, Jawa Barat.

"Kemudian, berangkat ke Jeddah, berangkat ke Madinah, berangkat ke Yaman, ke Jordan (Yordania). Sampai akhirnya sekolah di Amerika Serikat, dititip ke Ustaz Shamsi Ali di New York," Yusuf Mansur menyambung.

Ia mengatakan, keputusan pindah dari satu tempat ke tempat lain ini bermaksud memperbanyak pengalaman Wirda. "Dari New York, kak Wirda pindah ke Washington DC. Sekolah di sana, sekaligus ngambil kursus bahasa Inggris, Lado namanya, sampai dapat visa I-20, supaya kalau kuliah di Amerika, sudah gampang," katanya.

Hingga semester-semester terakhir, Wirda disebut pergi ke Inggris. "Nah di sini ini, ramai. Katanya ngaku-ngaku kuliah di Oxford. Enggak ada yang ngaku, apalagi sampai ngaku lulusan Oxford, ya enggak mungkin lah, memang kak Wirda umur berapa," ia melanjutan.

"Bahwa punya peluang kuliah di Oxford, itu memang iya, dan sangat terbuka. Sebenarnya kan sudah dibuktikan sama anak Daarul Qur'an bahwa mencari beasiswa itu enggak susah. Kak Wirda sudah dianggap gampang lah itu kuliah di Inggris, termasuk di Oxford," ujarnya.

Ia berkata, "Oxford itu kan kayak kota. Kalau enggak diterima di kampus A, bisa ke kampus B, ke kampus C, kampus D, dan seterusnya. Tapi, kak Wirda akhirnya memilih di Buckingham University."

Yusuf Mansur mengklaim bahwa putrinya itu sekarang sedang menjalani kuliah daring di universitas yang dimaksud. "Tapi, kak Wirda mau switch, mau ke Singapore," ucapnya. Tapi, ia mengaku meminta anaknya untuk mempertimbangkan bersekolah di Maroko, Yordania, atau Turki.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diduga Berbohong

Yusuf Mansyur menyambung, "Lalu kenapa kak Wirda tetap kuliah di IDAQU? Selama masa-masa COVID kan enggak kuliah tatap muka di Inggris. Lalu, ada juga masalah jam (perbedaan waktu dengan Indonesia), itu problem. Jadi, karena Ustaz Yusuf Mansur di Daarul Qur'an, ya Alhamdulillah kak Wirda bisa sekalian kuliah di IDAQU."

Sebagaimana diketahui, riwayat pendidikan Wirda Mansur memang tengah jadi pembicaraan publik. Warganet menduga anak Yusuf Mansur ini berbohong karena kuliah di banyak tempat, termasuk Universitas Buckingham, Inggris.

3 dari 5 halaman

Klarifikasi Wirda Mansur

Wirda Mansur sendiri telah menyampaikan klarifikasi lewat Instagram Story yang diunggah Rabu, 23 Februari 2022. Ia mengaku memang kuliah di banyak universitas. "Yang bilang katanya tuh gue kuliah di tiga kampus, iya itu bohong, karena sebenarnya bukan tiga, tapi empat say," ucapnya.

"Jadi gue kayak, 'Wah, kalau mereka tahu gue kuliah di empat tempat, kayaknya mereka bisa ... jadi gimana yang benar,'" sambungnya.

Wirda menjelaskan bahwa ia pernah kuliah di Universitas Oxford jurusan International Baccalaureate pada 2017, namun tidak sampai selesai. Akhirnya, ia kembali ke Indonesia. "Habis itu gue reapply lagi ke Raffles University, so tahun 2017 gue sempat S1. Gue tuh enggak lama di sana cuma tiga semester habis itu out," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Sedang Kuliah di Dua Tempat

Pada 2018, Wirda Mansur mengaku rehat sejenak selama satu tahun. Pada 2019, ia kembali mendaftar di kampus lain, yaitu University of Buckingham, dan diterima.

"Tuh jadwalnya ya. Gue ambil jurusan business enterprise. Di samping itu, ambil double degree di Institut Daarul Qur'an Jakarta jurusan Ilmu Hadis," katanya sambil menunjukkan bukti jadwal perkuliahan.

Jadi, saat ini ia sedang kuliah di dua tempat. "Ambil dua, di UK dan di sini. Yang lebih penting, ya doain gue aja lah." tutupnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Deretan Kasus Kekerasan Seksual di Dunia Pendidikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.