Sukses

Cerita Yati Surachman soal Karier hingga Pindah Agama

Yati Surachman merupakan artis senior yang namanya telah lama menghiasai dunia perfilman.

Liputan6.com, Jakarta - Yati Surachman jadi ramai dibicarakan usai pengakuannya yang berpindah keyakinan dari Islam ke Kristen. Ia dikenal sebagai aktris senior yang sudah banyak membintangi film dan sinetron.

Anak pertama dari sembilan bersaudara itu mengatakan sudah senang menyanyi sejak kecil. Namun, ia tak pernah berpikir untuk menjadi seorang artis. Yati hanya senang saat bermain ia diberi uang.

"Saya enggak ada motivasi (main film) apa-apa, hanya bisa nyanyi. Saya senang, ternyata ada honornya," kenang Yati Surachman yang diunggah Jose Choa Linge di kanal Youtube.

Karena orangtuanya pensiun, sebagai anak sulung ia harus mengalah dengan adik-adiknya. Yati memilih untuk bekerja membantu orangtuanya.

Ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan minyak sambil mengasah kemampuannya dalam dunia tarik suara. Pada 1975, ia memutuskan keluar dari perusahaannya dan memilih fokus untuk main film dan nyanyi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penghargaan

Nama Yati secara perlahan kian bersinar, terlebih usai membintangi film Perawan Desa karya Franky Rorimpandey. Berkat film tersebut, ia meraih penghargaan Best Actress di Festival Film Asia Pasific pada 1980.

Orang sempat bertanya saat itu, mengapa ia mendapat penghargaan di luar negeri, sementara tidak di Indonesia. Namun, Yati menanggapinya santai saja.

"Mungkin orang tidak lihat aku kali ya," jawab Yati.

 

3 dari 5 halaman

Yang Berkesan

Yati mengatakan film yang paling berkesan adalah Inem Pelayan Seksi dan Perawan Desa. Dalam film Inem Pelayan Seksi, ia menjadi seorang pelayan saat usianya sudah 20 tahun.

"Padahal, usia saya saat itu baru 16 tahun," kenang Yati.

"Saya jadi orang kaya, manja, nggak punya pembantu, dan menyerahkan semuanya kepada orangtua," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Pindah Keyakinan

Soal kisah hidupnya, Yati mengaku awalnya beragama Islam kemudian pindah keyakinan. Hal tersebut diungkapakan Yati Menurut Yati di kanal YouTube Miracle of Life, Jumat 18 Februari 2022.

Saat usianya menginjak 12 tahun, dia mengalami sebuah kejadian yang kemudian membuatnya memutuskan untuk pindah agama menjadi Kristen. Dia bercerita merasa terpanggil hatinya untuk memeluk Kristen karena melihat sebuah pohon Natal, diberitakan kanal News Liputan6.com.

Pada usia yang masih begitu belia, sang aktris mengaku merasakan ketenangan ketika melihat pohon Natal. "Sering saya ngobrol dengan tante yang beragama Kristen itu, tapi ketika saya melihat pohon Natal, saya enggak jadi berbicara atau share masalah saya," ujar Yati.

5 dari 5 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.