Sukses

Serba-serbi Es Batu Stainless Steel yang Sedang Viral

Es batu stainless steel itu tidak bisa menandingi dinginnya es batu konvensional, lalu apa istimewanya?

Liputan6.com, Jakarta - "Pernah tahu?" begitulah keterangan yang dibubuhkan dalam unggahan video memperlihatkan es batu stainless steel. Es batu bervisual tidak biasa ini tengah viral setelah dibagikan akun TikTok @thebiggerchef.

Di awal klip, ia memperlihatkan penampakan es batu stainless steel yang dimaksud. Sesuai namanya, barang ini berupa besi tahan karat berbentuk persegi dalam ukuran seperti es batu pada umumnya.

Pemilik akun itu menuliskan bahwa es batu stainless steel dibeli dengan tujuan membuat rasa minuman tidak berubah karena es batu mencair. Ia menulis, "Sering kan minum es teh manis jadi tawar karena es batu meleleh."

Ia menyebut, barang itu dihargai Rp6.500 per buah. "Beli yang banyak, dicuci bersih, masukkan ke freezer. Bisa dipakai ribuan kali," imbuhnya. "Tapi, enggak cocok buat yang suka ngunyah es batu."

Sampai artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton lebih dari 4,1 juta kali, dan mendatangkan beragam komentar. "Justru saya nunggu esnya cair biar tambah banyak," tulis seorang pengguna, sementara yang lain berkomentar, "Gue takut ketelen. Soalnya udah biasa minum es, es batunya dimakan."

Ada juga yang bertanya, "Ada rasa stainless-nya enggak?" dan dijawab "Ada" oleh pengguna lain yang mengaku sudah membeli barang tersebut. "Gue kira awalnya magnet yang dijual pas gue SD dulu," tulis seorang warganet.

Es batu stainless steel sebenarnya bukanlah barang baru. Ulasan tentang produk ini sudah beredar sejak 2015. Mengutip Reduce Waste Now, Kamis, 17 Februari 2022, es batu stainless steel aman digunakan jika stainless steel-nya terjamin food grade.

Es batu ini diklaim mengandung gel tidak beracun di tengah kubus yang disegel baja tahan karat. Beberapa gel tidak beracun mengandung air, gliserol, dan elemen kimia food grade lainnya.

Menurut sejumlah ulasan tentang es batu stainless steel, beberapa orang mengeluh bahwa barang ini "tidak cocok" untuk mereka. Alasannya beragam, baik itu karena membuat minuman mereka tidak dingin atau dinginnya tidak tahan lama.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Sedingin Es Batu Biasa

Memang bukan rahasia lagi bahwa es batu stainless steel tidak bisa menandingi dinginnya es batu konvensional. Tapi, untuk mendapat pengalaman terbaik, ada beberapa rekomendasi penggunaannya.

Pertama, tempatkan es batu stainless steel dalam freezer setidaknya selama 4--5 jam. Kemudian, bungkus gelas minum dengan kain lembap dan simpan di lemari es 30 menit sebelum waktu minum yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Es Batu Stainless Steel

Lalu, keluarkan gelas minum itu dari lemari es dan keringkan bagian luar sepenuhnya. Tempatkan es batu stainless steel di gelas minum, dan tambahkan minuman pilihan. Putar gelas dengan lembut dalam gerakan melingkar selama 15--20 detik untuk memungkinkan es batu mendinginkan minuman tersebut.

Es batu stainless steel umumnya bisa tetap dingin selama 20--30 menit. Variasi waktunya tergantung pada berapa lama mereka berada di dalam freezer sebelum digunakan. Karena itu, direkomendasikan untuk menyimpannya selama 4--5 jam di freezer sebelum digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara Membersihkannya

Setelah digunakan, es batu stainless steel harus dibersihkan. Wadah ini direkomendasikan dibilas di bawah air mengalir, dikeringkan, dan kembali ditaruh ke dalam freezer.

Pengguna juga disarankan mencuci es batu stainless steel dengan deterjen piring setelah digunakan bersama minuman yang lengket. Setelah dibekukan kembali, pengguna siap menikmati minuman berikutnya dengan es batu stainless steel yang bersih.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.