Sukses

Pesanan Katering Khusus Pasien Covid-19 Omicron yang Isolasi Mandiri Melonjak

Menu katering untuk pasien Covid-19 Omicron yang menjalani isolasi mandiri diproses hanya dengan dikukus, direbus, dan dipanggang.

Liputan6.com, Jakarta - Melonjaknya kasus positif Covid-19 Omicron di Indonesia ternyata turut berdampak pada jumlah pesanan katering. Hal itu setidaknya terjadi di wilayah DKI Jakarta.

"Permintaan konsumen saat Omicron melonjak drastis dan terjadi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan," kata pendiri Soul in a Box (SIB) Katering, Ayesha Kusuma Wardhani, kepada Liputan6.com, Kamis, 10 Februari 2022.

Pesanan datang terutama dari pasien Omicron yang menjalani isolasi mandiri. Paket isoman itu, sambung dia, dirancang untuk membantu proses pemulihan.

Ayesha menerangkan, pihaknya mempekerjakan ahli gizi dalam menentukan menu karena pasien Covid-19 tidak boleh makan makanan yang terlalu berminyak maupun keras. Jenis makanan itu bisa memicu batuk pada pasien.

"Kami menciptakan menu dengan berbagai bahan natural yang bagus sebagai antioksidan, seperti bawang putih, jahe, dan serai, dengan cara memasak hanya kukus, rebus, dan panggang," ia menjelaskan.

Paket isoman itu terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan sayur, yang diukur dan ditimbang sesuai anjuran Isi Piringku Kementerian Kesehatan. Ayesha menyebut setiap paket bervariasi, baik dari jenis karbohidrat, protein, sayur, dan buah, agar pasien bisa tetap berselera makan.

"Katering kami menggunakan berbagai jenis varian, mulai dari nasi merah, nasi hitam, mashed potatoes, potato wedges, dan juga berbagai varian pasta. Untuk protein nabati, kami menggunakan berbagai jenis macam kacang-kacangan dan juga varian tahu dan tempe," ia mencontohkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak 2021

Ayesha mengungkapkan paket katering pasien isoman mulai ditawarkan saat kasus positif varian Delta sedang dalam puncaknya di pertengahan 2021. Ia saat melihat banyak pasien yang terpaksa harus menjalani isoman di rumah karena tak kebagian perawatan di rumah sakit.

"Seringkali pasien atau keluarga pasien tidak bisa memasak dengan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh pasien," kata dia.

Sejak diluncurkan, ia mengaku permintaan terus berdatangan. Ia pun mengatur SOP agar pesanan untuk pasien isoman bisa diterima dalam keadaan baik dan aman, termasuk bagi kurir yang mengantarkan.

Dari banyak menu yang ditawarkan, Thai Beef Basil menjadi terfavorit. Ia menyebut rasanya gurih, manis, dan sedikit asam. "Menu ini menjadi favorit dikarenakan rasanya enak, dagingnya empuk dan rempah-rempahnya sangat terasa," promosinya.

3 dari 4 halaman

Sampai Kapan?

Paket isoman itu, sambung dia, akan terus tersedia sampai Desember 2022. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp50 ribu. Konsumen juga bisa memesan kudapan sebagai ekstra, seperti energy bar, madu, dan susu, dengan menambahkan biaya tertentu.

Di luar paket isoman, SIB juga menawarkan paket immunity untuk menjaga imun tubuh. Paket makanan sehat itu, kata dia, dapat membantu mencegah terinfeksi virus Covid-19.

"Banyak dari masyarakat perkotaan yang harus bekerja dari rumah sehingga aktivitas nya tetap full seperti biasa sehingga tidak mempunyai waktu untuk memasak makanan dengan gizi yang berkualitas," kata dia.

4 dari 4 halaman

Syarat Pasien Covid-19 Varian Omicron Bisa Isoman di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.