Sukses

4 Langkah Mencintai Diri Sendiri dengan Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Mencintai diri sendiri atau self love adalah hal penting yang kerap dilupakan kebanyakan orang karena sibuk dengan aktivitas keseharian. Pasalnya, tindakan ini bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

"Saya melihat self love itu sebagai sebuah perjalanan dan bukan sebuah tujuan. Karena jika tujuan, maka orang akan mengatakan aku sudah self love 100 persen," kata psikolog klinis, Inez Kristianti, dalam acara Bincang Shopee 2.2 COD Sale, Rabu, 26 Januari 2022.

Inez menjelaskan, karena prosesnya berkelanjutan, situasi yang dihadapi tidak akan selalu positif. Penilaian negatif terhadap diri sendiri muncul karena emosi yang dirasakan. Inez menyebut perasaan sedih atau marah kerap membuat orang tidak bisa melihat hal-hal positif di dalam dirinya sendiri.

"Padahal nggak semua orang buruk, tapi ada juga hal-hal positifnya," lanjut Inez.

Dalam situasi tersebut, rasa cinta pada diri sendiri bisa dibangkitkan dengan apresiasi dari orang-orang terdekat. Namun, hal itu tidak bisa selalu dijadikan pegangan karena kekuatan mencintai diri sendiri harus dibangun dari dalam.

"Hari ini kita sedih, misalnya, tapi ada juga kok hal-hal yang positif. Dengan begitu, kita akan lebih melihatnya secara lebih seimbang," kata Inez.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hal-Hal Sederhana

Artis Cantika Abigail pun merasakan hal yang sama, terutama saat awal-awal pandemi. Pembatasan yang diberlakukan memaksanya harus tinggal di rumah saja.

Momen tersebut ia manfaatkan untuk lebih mengenal dirinya sendiri. Ia mengaku 2020 mengajarkannya untuk mewujudkan self-love dengan tindakan produktif. Kegiatan yang dipilihnya bukan sesuatu yang rumit, melainkan hal-hal sederhana yang biasanya sulit dilakukan saat ia sibuk, seperti berolahraga, berjemur, dan menyiram tanaman.

"Jadi, banyak yang aku ketahui di masa-masa itu, kok aku senang lho pagi-pagi menyiram tanaman. Itu satu hal yang tidak pernah aku lakukan sebelumnya," kata Cantika.

Ia pun memberi penghargaan pada dirinya sendiri jika telah menyelesaikan aktivitas. "Ternyata tidur atau menonton TV itu bisa juga jadi self love dan self reward. Jadi, itu menunjukkan bahwa tubuh kita waktunya untuk beristirahat," imbuh Cantika.

3 dari 4 halaman

Tips Meningkatkan Rasa Cinta pada Diri Sendiri

Inez Kristanti juga membagikan empat tips untuk meningkatkan cinta pada diri sendiri. Pertama, mendengarkan dan menanggapi kebutuhan diri sendiri karena cara menerapkan self love sifatnya personal. 

Kedua, berani berkata “tidak” untuk hal-hal yang tidak bisa disanggupi. Setiap orang punya hak untuk berkata “tidak”, baik kepada diri sendiri ataupun orang di sekitarnya. Belajarlah bersikap tegas demi kebaikan diri sendiri. Bantulah orang lain saat merasa mampu, baik itu berupa jasa maupun finansial.

Ketiga, siapkan waktu me time, tidak harus banyak, yang penting berkualitas. "Dengan meluangkan sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, kamu bisa melepas penat dan mengembalikan mood sehingga bisa lebih semangat dalam menjalani hari," kata Inez.

Keempat, menerima hal-hal yang tidak bisa kita ubah, tetapi juga berani mengambil langkah untuk hal-hal yang masih bisa kita usahakan. Saat sesuatu hal tidak berjalan sesuai dengan rencana, sebaiknya kita berusaha untuk berlapang dada dan mengubah pola pikir dengan menerima bahwa ada beberapa hal yang ada di luar kendali dan tidak bisa diubah. Itu bukan berarti kita menjadi cepat menyerah.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19