Sukses

Aksi Putri Habibie Gaungkan Pangan Lokal Bergizi

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional yang jatuh setiap 25 Januari dimaknai dengan beragam cara bermakna. Salah satunya oleh passionate homecook, Putri Habibie yangg menggelar penyuluhan gizi dengan menggunakan bahan pangan lokal.

Aksi Putri Habibie dalam upaya menggaungkan pangan lokal bergizi juga diwujudkan dengan kelas praktik memasak berbahan dasar hasil budidaya ikan lokal, yakni ikan patin. Gelaran ini terlaksana di Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, 26 Januari 2022.

"Ikan patin itu mudah didapatkan, tidak hanya di Jawa Barat tapi juga di Jakarta dan daerah-daerah lain pun mudah didapat sehingga resep-resepnya bisa diadaptasikan oleh teman-teman team recook Putri dan ibu-ibu di seluruh Indonesia," kata Putri Habibie dalam bincang virtual, Rabu, 26 Januari 2022.

Putri melanjutkan kandungan ikan patin tidak kalah dengan ikan-ikan di luar Indonesia. Ikan bernama latin Pangasius Sp ini termasuk jenis ikan dengan kandungan gizi tinggi.

Nilai gizi ikan patin (per 100 gram bahan dapat dimakan) mencakup 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan 1,1 gram karbohidrat. Data ini berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia (2017) yang disusun Kementerian Kesehatan.

Ikan patin juga mengandung komponen zat gizi mikro berupa kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan beta karoten. Kandungan tersebut berperan dan memberikan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cerita Putri

Di sisi lain, Putri juga menjelaskan alasannya memilih Desa Ciroyom dalam program lanjutan dari Yayasan Berdaya Putri Habibie. Ia menjelaskan ada kisah emosional nan personal di baliknya.

"Waktu kecil, papa aku juga sempat berbudidaya ikan di sini. Aku ingat papaku bolak-balik Cirata untuk ngurus ikan-ikanya," ungkap Putri.

Ia melanjutkan, ketika berpikir soal ikan dan di Jawa Barat, Putri lantas teringat kenangan dengan mendiang ayahnya yang sempat budidaya ikan di wilayah setempat. "Aku pikir ingin give back to the community, bisa bareng-bareng masak-masak sama warga di sini," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Kreasi Menu

Kepala Desa Ciroyom, H. Wawan Suwandi menyambut hangat semangat dan kehadiran Putri di desanya. Ia pun berterima kasih kepada yayasan yang dibangun Putri telah berkenan berbagi banyak hal.

"Kami terima kasih ke Yayasan Berdaya Putri Habibie yang berkenan hadir hari ini dan ibu-ibu PKK antusias menyambut. Barang kali ada nuansa baru dengan patinnya yang bisa dihidangkan para pengunjung atau keluarga di desa," terang Wawan.

Sementara, acara ini berfokus pada penyuluhan pangan bergizi untuk meningkatkan literasi gizi masyarakat. Pada momen tersebut, Putri juga berupaya mengenalkan resep makana yang kaya akan gizi dan mudah diaplikasikan.

Dalam kegiatan ini, Putri bersama Kelompok Ibu PKK Desa Ciroyom membuat kreasi tiga menu, yakni Nugget Patin, Bakso Ikan Patin, dan Pempek Ikan Patin. Wawan menyebutkan bahwa kelompok PKK di desanya bersemangat mempelajari hal baru dan berharap kegiatan ini membantu warga memahami gizi lebih baik lagi.

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner