Sukses

Tips Masak Makanan Sehat, Perhatikan Kombinasi Serat

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk memasak makanan sehat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 memunculkan beragam tren, salah satunya makanan sehat. Chef Norman Ismail juga menyampaikan industri rumahan juga tak sedikit yang memproduksi makanan sehat.

"Sejak awal pandemi yang pasti tren healthy food semakin meningkat karena pandemi semua semakin aware akan kesehatannya," kata Chef Norman Ismail dalam dalam workshop "Makan Enak dan Sehat? Yuk, Masak Bareng Tokopedia NOW!", Selasa, 25 Januari 2022.

Chef Norman melanjutkan awalnya makanan sehat berhubungan dengan isu diet rendah karbohidrat dan tinggi protein. Menurutnya, makanan sehat bukan hanya rendah kalori dan lemak, tetapi juga dapat memenuhi asupan pribadi.

"Karena setiap orang kebutuhannya berbeda-beda, tergantung dari kondisi tertentu. Dalam kondisi reguler dulu ada empat sehat lima sempurna, sekarang berubah trennya di Indonesia," lanjutnya.

Tak sedikit yang menjauhi karbohidrat karena takut gemuk dan 'memusuhi nasi'. "Yang salah konsumsi sehari-hari nasi sedikit, tapi minum-minum yang manis, makan kue, gorengan. Memusuhi nasi dan berteman dengan makanan seperti itu," ungkapnya.

Chef Norman membagikan beberapa tips memasak makanan sehat, sebut saja pentingnya karbohidrat. "Lemak dibutuhkan metabolisme dalam tubuh, karbohidrat untuk pembakaran dan energi. Semua ada manfaatnya. Karbohidrat masuk ke tubuh dicerna, saat bertemu gula lemak yang bagus berubah jadi kolesterol buruk. Harus dibatasi asupan gula," terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Protein hingga Kombinasi Serat

Maka dari itu, Chef Norman menyarankan konsumsi karbohidrat yang kompleks seperti jagung, umbi-umbian, dan kacang-kacangan. "Kesimpulannya healthy food itu makanan yang sarat gizi dan memenuhi asupan kebutuhan harian," katanya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memilih protein rendah lemak. Protein berfungsi meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nafsu makan.

"Contoh makanan protein rendah lemak adalah ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur, daging tanpa gajih dan kacang-kacangan," lanjutnya.

Kombinasi serat juga perlu menjadi perhatian dalam upaya mengonsumsi makanan sehat. "Dalam satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran," terangnya.

"Salad mangga udang bisa menjadi salah satu contoh hidangan sehat bercita rasa asam, manis dan gurih yang bisa dicoba," tambah Chef Norman.

3 dari 4 halaman

Ide Resep Makanan Sehat

Chef Norman pun memiliki beberapa ide resep makanan sehat. "Banyak masakan Indonesia yang basic-nya healthy food, contohnya gado-gado, pepes ayam, pepes ikan, pepes tahu, berbagai lalapan, ikan-ikan yang di-steam," tuturnya.

Aneka makanan sehat tergantung dari bagaimana cara mengolahnya. Ia pun memberi tips mengolah makanan sehat yang berawal dari kebersihan.

"Saat bersih dan memasak harus higienis karena makanan sehat bukan hanya untuk mengurangi berat badan, tetapi untuk membantu memperlancar regenerasi sel di dalam tubuh kita," kata Chef Norman.

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.