Sukses

Perempuan Setop Jalankan Diet Air Putih Usai Jari-Jari Tangannya Membiru

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur pola makan menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Namun, cerita tak mengenakkan dibagikan seorang perempuan asal Malaysia yang merasakan dampak negatif dari diet air putih.

Perempuan bernama Nurin Jamaluddin ini menceritakan pengalamannya usai menjalani diet air putih. Tangannya berubah menjadi biru pucat gara-gara menjalankan diet ekstrem tersebut.

"Saya coba menurunkan berat badan karena banyak baju tidak muat dan merasa perlu diet karena berat badan makin hari makin naik," kata Nurin, dilansir dari mStar, Selasa (18/1/2022), 

Ia mengaku tidak berkonsultasi dengan ahli dan hanya mencoba diet sendiri. Nurin lantas memutuskan untuk tidak makan dan kian hari jadi terbiasa.

"Ditambah awal diet itu, saya baru mau mulai kerja. Jadi, memang tak peduli makan karena sibuk kerja. Memang berhenti makan waktu itu. Pergi kerja hanya bawa air mineral," tambahnya.

Nurin mengaku ia baru makan pada malam hari. Perempuan berusia 20 tahun tersebut hanya mengambil nasi dalam porsi yang kecil.

Selama lima bulan menjalani diet itu, berat badannya turun dari 69 kilogram menjadi 55 kilogram. Namun saat diet, peristiwa yang dialaminya pada Maret 2021 ini mengingatkan dirinya untuk mengubah pola makannya yang sama sekali tidak sehat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jemari Jadi Biru

"Kejadian itu terjadi pada 20 Maret 2021. Jari saya jadi biru pucat. Saya tidak langsung makan, saya hanya minum air mineral," ungkap Nurin.

Tak lama kemudian, jarinya menjadi biru dan itu berlangsung hingga malam hari. "Bangun besok perlahan hilang (biru di jari) karena malam itu saya makan banyak," jelasnya.

"Jelas saya takut waktu jari biru. Sebelum tangan saya seperti itu, berat badan memang sudah turun banyak. Setelah kejadian itu, saya berhenti diet karena berat badan sudah turun," ungkap Nurin.

3 dari 4 halaman

Ubah Pola Makan

Meski kondisinya tidak serius, Nurin mengaku takut untuk mengulangi cara diet yang sama. Setelah kejadian tersebut dan tak lagi diet, ia merasa dirinya kembali baik-baik saja.

"Saya masih diet lagi setelah itu, tapi tidak sampai tidak makan terus. Kalau lapar, saya makan roti. Kalau dulu, saya minum air mineral saja jika lapar," tambahnya.

"Tapi sekarang saya tidak diet seperti itu. Berat badan pun perlahan naik lagi, pagi-pagi makan nasi lemak saja. Nasihat saya, kalau ada yang mau kurus, tolong ikuti cara yang betul. Jangan menjalankan diet yang salah, nanti menyesal," jelas Nurin.

4 dari 4 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer