Sukses

Fakta Menarik Tentang Cheongsam, Busana Wajib Saat Merayakan Tahun Baru Imlek

Liputan6.com, Jakarta Perayaan imlek identik dengan makanan dan baju khas. Nuansa berwarna merah kian lengket saat tahun baru itu. Mulai dari aksesori, perhiasan emas dan perhiasan berlian sampai makanan khas tak luput menyemarakan momen tersebut.

Untuk busana, Cheongsam menjadi pakaian khas yang sering digunakan dalam perayaan Imlek. Cheongsam adalah busana tradisional para wanita Tionghoa yang identik dengan bentuk kerah yang khas. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta menarik dari busana tersebut.

Vintage

Istilah cheongsam biasanya digunakan oleh orang Barat untuk merujuk pada qipao perempuan. Namun, secara harfiah ini berarti baju atau baju panjang dengan potongan longgar.

Untuk motif, cheongsam memiliki bentuk vintage. Dengan potongan kerah samping dan panjang sampai lutut.

Warna cheongsam identik dengan warna merah. Hal itu digunakan bukan tanpa alasan. Dalam filosofi China, merah memiliki arti yang luar biasa yaitu kemakmuran dan kebahagiaan.

Memiliki variasi kerah

Kancing yang ada di dasar kerah Mandarin dikenal sebagai pankou dan terdiri dari tiga jenis utama: Lurus, bunga sederhana dan rumit. Yang pertama paling banyak ditemukan dan dua yang terakhir sebagai ornamen dekoratif.

Motif yang beragam

Hal lain yang harus diperhatikan dalam cheongsam adalah motif print-nya. Phoenix Cina, juga dikenal sebagai fenghuang, melambangkan penyatuan pria dan wanita, dan sering ditemukan dalam cheongsam pernikahan.

Dua burung bangau adalah pemandangan yang populer, dan melambangkan kebahagiaan ganda. Akhirnya, naga berfungsi sebagai metafora untuk kekuatan, kekuatan, dan keberuntungan.

Cocok digunakan dengan perhiasan emas dan perhiasan berlian

Untuk menambah penampilan biar lebih sempurna, tak ada salahnya menambahkan perhiasan emas asli. Salah satunya perhiasan dari koleksi The Palace Jeweler.

Kamu bisa memilih perhiasan emas dan perhiasan berlian terbaru dari The Palace Jeweler yang Therlengkap, Therjangkau dan Therjamin. Apalagi saat ini #ThePalaceJeweler memiliki koleksi terbaru, seperti Ruby, Rimbayu, dan Geometri. 

Untuk koleksi Ruby, demi menyambut Chinese New Year, koleksi perhiasan wanita yang terdiri dari cincin berlian wanita dan liontin berlian ini memiliki desain yang cantik dan modern dengan rubi terbaik. Makin menyemarakan tahun baru imlek, koleksi ini ditandai dengan warna rubi merah dan emas yang memberikan keberuntungan dan kemakmuran.

 

Selain itu ada pula, koleksi Geometri. Perhiasan berlian yang satu ini terinspirasi dari kemewahan dan kemegahan gaya Art Deco. Dengan eksplorasi bentuk-bentuk bertemakan abstrak dan geometris, banyak bentuk segitiga, detail zigzag, dan warna-warna emas yang merupakan elemen khas dari desain Art Deco.

Terakhir ada koleksi Rimbayu dengan 12 liontin berlian dalam bentuk simbol shio yang akan mendatangkan rezeki, kesehatan, dan sukacita di tahun ini.

Tak hanya itu, The Palace Jeweler juga menawarkan harga koleksi perhiasan emas terjangkau bagi pecinta perhiasan di Indonesia. Harga terjangkau bisa didapatkan dari koleksi perhiasan berlian MOELA yang ditawarkan mulai dari harga Rp 999 ribu-an saja.

 

(*)