Sukses

Jadi Pemain Terbaik di Final Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya Dipuji Paling Kalem dan Bermental Baja

Sosok Ricky Kambuaya memang jarang jadi sorotan di Piala AFF 2020, tapi perannya di dalam tim dinilai sangat penting..

Liputan6.com, Jakarta - Ricky Kambuaya menunjukkan performa yang impresif sepanjang gelaran Piala AFF 2020. Pemain berusia 25 tahun terus mendapat kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengisi lini tengah Timnas Indonesia.

Ricky termasuk salah satu dari sedikit pemain yang selalu bermain dan dipasanga sejak awal selama laga timns di Piala AFF 2020. Shin Tae-yong memang hampir selalu memasang pemain yang berbeda selama timnas tampil di Piala AFF 2020 di Singapura.

Namun ada beberapa pemain yang selalu dipasanga di tiap pertandingan, ternasuk Ricky. Saat final leg kedua melawan Thailand, pemain klub Persebaya . Dia tampil sangat bagus dan mencetak gol untuk Indonesia pada menit ke-7.

Hanya saja, gol Ricky Kambuaya tidak cukup untuk membawa Indonesia menang. Dalam laga tersebut, Indonesia harus puas dengan skor imbang 2-2 atas Thailand dan gagal menjadi juara.

Meski belun mampu membawa Indonesia juara, Ricky mendapat apresiasi lebih. Dia terpilih sebagai Man of the Match atau pemain terbaik dalam laga tersebut berkat performa apiknya.

Penghargaan Man of the Match yang diraih Ricky Kambuaya adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, ia menjadi pemain terbaik pada laga perdana melawan Kamboja di Piala AFF 2020. Kambuaya pun banjir pujian dari penggenar Timnas Indonesia.

Dia dianggap sebagai pemain yang spesial di lini tengah. Tak hanya dianggap punya skill yang mumpuni, pemain kelahiran Sorong, Papua Barat ini juga dinilai selalu tampil konsisten, kalem dan bermental baja. Sosoknya memang jarang jadi sorotan atau bahan pemberitaan, tapi peran Ricky di dalam tim dinilai sangat penting.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Main di Liga Eropa

Permainan gemilang Ricky menuai pujian dari warganet Indonesia. Banyak dari mereka memuji dan menilai Kambuaya layak bermain di liga sekelas Eropa.

Penyanyi Mikha Angeo dari grup The Overtunes juga ikut memberi pujian. "Ricky Kambuaya. Sedap banget ditonton. Semoga terus berkembang!" tulis Mikha.

"Ricky kambuaya, pemain yang on fire di leg 2 Final Piala AFF. Sebelumnya juga main bagus, layak main di luar negeri," komentar seorang warganet,

"Man of The match Ricky Kambuaya atau kita bonek kadang sebut KAMBUAJOL hehehe. Sangat respect beliau jarang emosi, kontrol lapangan tengah sangat luar biasa dll tapi jarang ter ekspos di media dll apa semua itu karena soal gudluking ?" timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Kado Natal

Ricky menjadi salah satu pemain timnas Indonesia yang merayakan Natal. Sebelumnya, ia berharap tiket final Piala AFF 2020 bisa menjadi kado manis bagi masyarakat Indonesia.

"Pertandingan bertepatan dengan Natal, saya pribadi mau kasih kado spesial, terutama untuk keluarga di Hari Natal, memberikan yang terbaik (menang) di pertandingan," kata Ricky seperti dilansir situs resmi PSSI.

Harapan itu diungkapkan Ricky jelang laga semifinal kedua melawan Singapura. Laga timnas Indonesia vs Singapura memang bertepatan dengan hari Raya Natal, pada 25 Desember 2021.

Keinginan Ricky pun terkabul. Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 dan berhak melaju ke laga final. Sukses masuk final dan terpilih sebagai Man of the Match di leg kedua final Piala AFF 2020 tentunya menjadi kado Natal dan Tahun Baru 2020 yang sangat berkesan bagi Ricky Kambuaya.

4 dari 4 halaman

Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.