Sukses

Barbie Anne Avantie, Detail Selendang Batik Pekalongan Produksi AS Bikin Takjub

Anne Avantie menjadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan boneka Barbie Role Model.

Liputan6.com, Jakarta - Anne Avantie terpilih menjadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan boneka Barbie oleh Mattel Amerika Serikat. Pada Sabtu, 18 Desember 2021, desainer kebaya asal Semarang itu akhirnya menerima langsung boneka yang dibuat sebagai bentuk penghargaan untuk sosok inspiratif.

Terlihat dari dekat boneka Barbie itu sangat mirip dengannya, mulai dari gaya rambut yang selalu dikonde, lengkap dengan bunga kamboja yang dijepit di sisi kanan rambutnya. Wajahnya pun dimakeup serupa dengan gaya keseharian Anne Avantie, lengkap dengan gaya poni belah tengah.

Boneka didandani dengan kebaya brokat hitam yang dipadukan dengan celana hitam, bahunya pun sangat cantik berbalut selendang batik. Tak lupa kalung salib yang menjuntai hingga ke bagian atas perut, juga ditiru oleh Barbie untuk menggambarkan sosok Anne Avantie.

"Ini selendangnya motif Pekalongan. Salut, Mattel di Amerika bisa menyerupai selendang Pekalongan ini, sangat mirip," ujar Anne Avantie, saat dijumpai dalam perkenalan boneka Barbie karakter dirinya, di Living World Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel),kemarin.

Saat memegang dan menatapnya secara langsung, ia dibuat takjub dengan Barbie yang ada di genggamannya. Ia bahkan sempat bercanda bila Mattel Amerika Serikat pasti kewalahan saat membuat konde versinya.

"Dibuat enam bulan di Amerika, mungkin stres karena kondenya saya ini. Tapi saya dari awal dikasih lihat preview-nya, dikirim terus secara berkala, saya enggak pernah komplain, enggak pernah bilang kurang, saya yakin mereka membuatnya sepenuh hati," tutur Anne Avantie.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikira Guyon

Anne mengaku sempat tidak percaya saat ditelepon pertama kali oleh Mattel Indonesia. Ucapan mereka dianggapnya hanya guyonan saja. Bahkan, dia sempat menganggap kalau orang yang menghubunginya itu hanyalah orang iseng.

"Saya enggak kepengen bohong, yang saya rasakan saat itu ini guyonan, enggak percaya, ini bikinan orang-orang nganggur, banyak di rumah, kurang kerjaan, bikin ulah saja, saya pikir kaya gitu,"akunya.

Akhirnya, ia mulai memercayai Mattel Indonesia serius dengan rencananya. 

"Terpilih jadi orang pertama di Indonesia sebagai role model itu nggak pernah terpikirkan oleh saya, karena mimpi saya sebenarnya hanya ingin membahagiakan mami. Dan menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat kehormatan dipilih sebagai sosok Barbie, saya persembahkan untuk ibu saya," kata Anne Avantie sembari menangis haru.

Setelah menerima boneka Barbie versi dirinya, dia akan memperlakukannya secara istimewa. Ia akan membuatkan rumah mini di rumahnya untuk memajang boneka miniatur dirinya itu.

 

 

3 dari 4 halaman

Serba Virtual

Proses pembuatan boneka Barbie Anne Avantie itu langsung dilakukan oleh Mattel Global di Amerika. Karena pandemi Covid-19, segala preview setiap detail pembuatan pun dikirimkan ke Indonesia dan Anne Avantie melalui online dan virtual.

Menurut Mirsha Windyastuti, Associate Brand Manager Mattel Indonesia, sosok Anne Avantie dipilih sebagai perwakilan dari kategori fesyen yang kini memang dilirik oleh Barbie untuk program Role Model.

"Berbicara di dunia fashion siapa lagi legend-nya yang inspiratif. Aku searching, research, kemudian propose ke tim Mattel Global di Amerika, dan mereka setuju bila bunda Anne Avantie ini sangat inspiratif," kata Mirsha.

Tak hanya itu, perjuangannya merawat sang ibunda yang sempat terserang kanker pada 1996, hingga akhirnya kini karyanya mendunia, juga turut jadi poin plus. "Anne Avantie memberikan bukti nyata, kalau ada sosok inspiratif untuk tidak pernah menyerah mewujudkan cita-citanya," ujar Mirsha. 

4 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.