Sukses

Wakil Indonesia di Ajang Miss World 2021 Positif Covid-19 Jelang Final

Liputan6.com, Jakarta - Miss World 2021 seharusnya digelar di José Miguel Agrelot Coliseum, San Juan, Puerto Riko, hari ini, Jumat (17/12/2021), waktu Indonesia. Ajang ini harus ditunda mengingat sederet kontestan dan staf positif Covid-19.

Dilansir dari The National News, Jumat (17/12/2021), otoritas kesehatan Puerto Riko mengonfirmasi 17 orang yang terlibat di kontes Miss World 2021 positif Covid-19. Belum diketahui berapa banyak kontestan yang terinfeksi. Organisasi Miss World menyebut ada sekitar tujuh kontestan yang tengah isolasi dengan kemungkinan terinfeksi Covid-10 menurut harian Puerto Rico Primera Hora.

"Dalam kasus Miss World, ada 17 positif, kemarin ada pembicaraan soal tujuh orang, tetapi jumlah itu naik," kata juru bicara departemen kesehatan Puerto Rico Lisdian Acevedo kepada Primera Hora.

Acevedo menjelaskan jumlah kasus termasuk kandidat serta tenaga teknis dan semua yang terinfeksi telah divaksinasi. Final Miss World 2021 dijadwalkan sebagai momen Miss World 2019 Toni-Ann Singh dari Jamaika untuk memahkotai penggantinya.

Kontes kecantikan ke-70 ini dibatalkan pada 2020 karena pandemi Covid-19 melanda dunia. Kondisi ini membuat Toni-Ann Singh sebagai Miss World terlama dalam sejarah.

Bagi mereka yang positif Covid-19, tak ada dari mereka yang menjalani rawat inap. Mereka harus mengikuti masa isolasi wajib selama 10 hari, demikian jelas Acevedo.

Perwakilan Miss World 2021 juga telah merilis pernyataan resmi soal penundaan kontes ini. Penundaan final siaran global untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan para kontestan, staf, kru, dan masyarakat umum.

"Final akan dijadwalkan ulang di Puerto Rico Coliseum Jose Miguel Agrelot dalam 90 hari ke depan," bunyi keterangan dalam siaran pers yang dibagikan melalui akun Instagram resmi Miss World, Kamis, 16 Desember 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Miss World

Keputusan penundaan diambil setelah pihak penyelenggara bertemu dengan ahli virologi dan ahli medis yang disewa untuk mengawasi acara Miss World 2021. Pihaknya juga berdiskusi dengan Departemen Kesehatan Puerto Rico terkait masalah ini.

"Mulai kemarin, langkah-langkah keamanan tambahan diterapkan demi kepentingan terbaik para kontestan, tim produksi, dan penonton, memahami peristiwa tersebut meningkatkan risiko di atas panggung dan di ruang ganti," lanjut siaran pers itu.

"Langkah selanjutnya menurut para ahli medis adalah karantina segera, menunggu pengamatan dan tes lebih lanjut sesuai dengan praktik terbaik dalam situasi seperti ini," jelas siaran pers Miss World.

Saat kontestan dan staf dinyatakan lolos oleh pejabat kesehatan dan penasihat, mereka akan kembali ke negara asal. Terkait hal ini, CEO Miss World Ltd. Julia Morley menyampaikan tanggapannya.

"Kami sangat menantikan kembalinya kontestan kami, (yang telah kami kenal dan cintai), untuk bersaing memperebutkan mahkota Miss World. Puerto Rico menawarkan lingkungan yang aman dan latar belakang yang spektakuler untuk syuting Festival Miss World!" jelas Julia.

3 dari 4 halaman

Wakil Indonesia

Wakil Indonesia di Miss World 2021, Carla Yules terdeteksi positif Covid-19. Kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua Yayasan Miss Indonesia Liliana Tanoesoedibjo lewat video yang dibagikan di akun Instagram pribadi.

Carla Yules juga sempat membagikan unggahan melalui Instagram Story di akun Instagram pribadinya pada Jumat (17/12/2021). Ia berterima kasih atas dukungan yang diberikan berbagai pihak untuk dirinya.

"Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, minggu lalu dipenuhi dengan kekhawatiran dan ketidakpastian. Bukan hanya untuk saya, tapi semoga kita semua di kompetisi Miss World. Sekarang pengumuman resmi telah dibuat, mari kita bijak dalam menghormati keputusan organisasi. Ini demi kesehatan dan keselamatan semua orang, yang perlu pulih sepenuhnya. Ini adalah kehidupan banyak orang," tulis Carla dalam bahasa Inggris

Carla kembali berterima kasih kepada mereka yang menyampaikan pesan lekas pulih untuk dirinya. "Saya berharap semua orang dalam kondisi aman dan juga sehat. Mari kita tetap berhubungan dan berhati-hati. Saya mencintai kalian," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS