Sukses

Profil Bishan Stadium Singapura, Tempat Timnas Indonesia Bertanding di Piala AFF 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional (timnas) Indonesia akan melawan Vietnam pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2020. Laga ini akan dimainkan di Stadion Bishan, Singapura, Rabu, 15 Desember 2021.

Tergabung di Grup B, skuat Merah Putih bertemu Kamboja, Malaysia, Vietnam, dan Laos. Laga dengan Kamboja dan Laos berakhir untuk kemenangan Indonesia. Semua laga di grup B dilangsungkan di Bishan Stadium atau Stadion Bishan.

Selain Stadion Bishan, Singapura selaku tuan rumah sudah mempersiapkan satu stadion lagi di Piala AFF 2020 yaitu Stadion Nasional Singapura atau National Stadium Singapore. Stadion tersebut digunakan oleh tim-tim yang tergabung di Grup A.

Dilansir dari dan beberapa sumber lainnya, Bishan Stadium terletak tepat di tengah negara Singapura yang sudah dibuka sejak 1998. Meski sudah berdiri cukup lama, stadion ini tidak memiliki kapasitas yang besar.

Stadion Bishan tercatat hanya bisa menampung sekitar 6.000 penonton saja, bandingkan dengan National Stadium yang berkapasitas sekitar 55.000 penonton. Namun demikian, stadion ini sudah memenuhi standar internasional dan sudah teruji sejak 2004

Hal ini dibuktikan dengan digunakannya Stadion Bishan untuk laga-laga yang masuk agenda FIFA dan AFC seperti Liga Champions Asia. Bahkan pada 2006 lalu, stadion tersebut pernah menjadi salah satu venue yang digunakan untuk menggelar Piala Asia U-17.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Inter dan Juventus

Saat Singapura menjadi tuan rumah SEA Games 2015, Bishan juga dijadikan salah satu stadion yang menggelar pertandingan di cabang sepak bola. Stadion Bishan juga menjadi saksi hadirnya klub-klub raksasa Eropa seperti Inter Milan pada 2017 dan Juventus pada 2019.

Inter Milan dan Juventus yang berasal dari Italia, saat itu mengikuti tur pramusim International Champions Cup (ICC) Zona Asia yang berlangsung di Singapura.  Stadion ini pada awalnya dijadikan markas oleh klub asal Singapura, Home United FC dari 1998 hingga 2019.

Namun kini telah menjadi kandang dari Lion City Sailors FC. Selain memiliki lapangan yang berstandar internasional, Stadion Bishan juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lintasan atletik dari mulai lari, lompat jauh, hingga lompat tinggi.

Untuk menuju Bishan Stadium, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi, bus atau MRT dan berhenti di Bishan MRT Station.

3 dari 4 halaman

National Stadium

Sementara National Stadium yang terletak di Kallang Singapura digunakan sebagai lapangan utama Piala AFF 2020. Stadion kebanggaan warga Singapura itu didapuk sebagai lapangan utama Piala AFF 2021 karena punya banyak keunggulan.

Stadion ini tidak hanya sebatas ruang olahraga, melainkan juga sarana wisata dan hiburan. National Stadium merupakan pusat dari Singapore Sports Hub. Singapore Sports Hub merupakan pusat hiburan dan rekreasi yang terintegrasi.

Dilansir dari laman resmi Singapore Sports Hub dan berbagai sumber lainnya, National Stadium juga bisa disulap menjadi tempat olahraga lainnya, seperti atletik, rugby, dan kriket. Lokasi National Stadium sangat strategis. Dari kawasan pusat bisnis (CBD) dan Hotel Marina Bay Sands hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja.

Para peserta Piala AFF 2021 sangat beruntung bisa bermain di National Stadium, mereka akan dimanjakan dengan stadion tercanggih di Asia Tenggara itu. Salah satu kelebihannya adalah memiliki retractable roof system pertama di Asia Tenggara.

Retractable roof system merupakan sistem atap stadion yang bisa buka tutup sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu para peserta akan terlindungi dari cuaca ekstrem yang bisa melanda stadion kapan saja.

4 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF 2020