Sukses

Sosok Elkan Baggott, Pemain Piala AFF 2020 Berdarah Inggris tapi Pilih Perkuat Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Tim Nasional (Timnas) Indonesia baru saja meraih kemenangan kedua di Piala AFF 2020. Mereka menggilas Laos 5-1 di Stadion Bishan, Minggu, 12 Desember 2021. Salah seorang pemain yang diturunkan adalah Elkan Baggott.

Timnas Indonesia sementara memimpin klasemen Grup B. Tim Garuda selanjutnya akan bersua juara bertahan Vietnam (15 Desember) dan Malaysia (19 Desember). Dalam dua pertandingan tersebut, Elkan kemungkinan besar akan tampil sejak menit pertama, setelah dalam laga melawan Laos baru diturunkan di babak kedua.

Permainan Elkan mengundang banyak pujian dan timnas Indonesia pun tidak kebobolan di babak kedua, salah satunya berkat performa gemilang pemain berusia 19 tahun tersebut. Tak hanya permainannya, penampilan Elkan juga menarik perhatian.

Selain posturnya yang tinggi menjulang, parasnya seperti orang Eropa. Namanya pun tak biasa bagi orang Indonesia. Lalu, siapa sebenarnya Elkan Baggott?

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (13/12/2021), pemilik nama lengkap Elkan William Tio Baggott ini lahir di Thailand pada 23 Oktober 2002. Meski begitu, ia sama sekali tidak berdarah Thailand. Ia merupakan keturunan Indonesia dari sisi ibunya, sedangkan ayahnya berkebangsaan Inggris.

Elkan menghabiskan masa kecilnya di Thailand sebelum kemudian pindah dan menetap di Inggris pada 2008 bersama keluarganya. Di Inggris, bakat dan minat Elkan akan sepak bola semakin terasah.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini kemudian bergabung dengan klub Inggris, Ipswich Town, pada 2019. Elkan Baggott melakukan debut seniornya untuk klub pada 6 Oktober 2020 dengan kemenangan. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Dibuatkan KTP

Pada 22 Maret 2021, Baggott bergabung dengan tim Liga Nasional Inggris, King's Lynn Town, dengan status pinjaman sampai akhir musim ini. Meski bermain di Inggris, Elkan tidak melupakan Indonesia. Ia memilih untuk membela timnas Indonesia.

Pemilik tinggi badan 196 cm ini telah dipanggil untuk Indonesia di Timnas U-19. Dia memenangkan penampilan pertamanya untuk tim U-19 pada 11 Oktober 2020 dalam pertandingan persahabatan melawan Makedonia Utara U-19.

Namun, ia baru resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI), bulan lalu. Hal itu terjadi tak lama setelah ia dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat skuat Merah Putih di Piala AFF 2020. Elkan resmi mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada 9 November 2021 di Kantor Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Dikutip dari kanal Bola Liputan6.com, dalam proses pembuatan KTP, Elkan didampingi langsung oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Diharapkan dengan adanya KTP dapat membuat Elkan lebih bertanggung jawab dan konsisten dalam membela timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Pilih Jadi WNI

"Kami berharap dengan Elkan punya KTP bisa membantu proses administrasinya untuk pertandingan internasional Indonesa. Saat ini Shin Tae-yong membutuhkan kehadirannya sebagai tembok kukuh pertahanan Skuat Garuda," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Elkan mendapatkan kewarganegaraan bukan melalui cara naturalisasi seperti beberapa pesepak bola lainnya.

"Karena orangtuanya WNA (Warga Negara Asing) dan WNI, ia bebas memilih jadi WNA atau WNI. Dalam hal ini, ia memilih menjadi WNI dengan mengikuti Kartu Keluarga ibunya," terang Zudan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, memastikan Elkan Baggott tiba di Jakarta, Indonesia, pada 7 November 2021. Elkan langsung mengurus administrasi kependudukan saat tiba di Indoneia.

Setelah sempat kembali ke Inggris untuk memperkuat klubnya, Elkan bergabung dengan timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan di Turki. Setelah itu, mereka menuju Singapura, tempat penyelenggaraan Piala AFF 2020.

4 dari 4 halaman

Jadwal Piala AFF 2020