Sukses

Menyontek Pengalaman Kesha Ratuliu, Apa Sebenarnya Manfaat Menyewa Jasa Fotografi Persalinan?

Liputan6.com, Jakarta - Kesha Ratuliu dan suaminya, Adhi Permana, tengah berbahagia menyambut kelahiran anak mereka. Bayi lelaki bernama Qwenzy Kalandra Putra Permana itu dilahirkan pada Minggu, 12 Desember 2021.

Kesha sempat berpisah dari si buah hati karena setelah lahir, Qwenzy dilarikan ke Neonatal Intensive Care Unit (NICU) akibat gangguan pernapasan. Keponakan Mona Ratuliu ini kemudian mengabari lewat unggahan di akun Instagram-nya bahwa kondisi putranya kian membaik.

Dalam rangkaian persalinannya, Kesha dan Adhi tampak memutuskan menggunakan jasa fotografi persalinan. Sejak beberapa tahun lalu, layanan ini tentu tidak lagi asing, jadi apa manfaat sebenarnya?

Menurut Sadie, seorang fotografer persalinan peraih penghargaan berbasis di Londong, Inggris, dikutip dari situs webnya, Senin (13/12/2021), sebagian besar fotografer persalinan memiliki misi untuk menormalkan kelahiran. Di samping, menyebarkan kesadaran dan memberdayakan keluarga untuk membuat keputusan yang tepat.

"Saat lupa bagaimana kita bisa sampai di sini, bahwa kita pernah jadi keajaiban itu, fotografi persalinan mengingatkan orang yang melahirkan akan kekuatan mereka," katanya. "Untuk menunjukkan (proses persalinan), kita langsung diingatkan betapa menakjubkannya itu."

Ia menyambung, melahirkan dan bertemu buah hati untuk pertama kali adalah salah satu pengalaman manusia yang paling mengubah hidup. Karena itu, fotografi persalinan memungkinkan seseorang mendokumentasikan salah satu momen paling luar biasa dalam hidupnya. "Sama seperti hari pernikahan," imbuh Sadie.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Melahirkan Lebih Positif

Hasil fotonya, Sadie mengatakan, dapat digunakan sebagai penyembuhan terapeutik visual dan alat pemberdayaan pascamelahirkan. "Khususnya bagi mereka yang sebelumnya mengalami trauma kelahiran, ini dapat membantu menyatukan fragmen-fragmen buram dan detail-detail kecil yang tidak tercatat saat itu," katanya.

"Fotografi persalinan memberikan bukti kekuatan luar biasa Anda. Melihat ke belakang melalui foto persalinan yang indah akan membuat oksitosin Anda mengalir dan membantu mendukung Anda dalam transisi menjadi ibu dan (membentuk) ikatan dengan bayi Anda," ia berkata.

Di samping, fotografi persalianan dinilai dapat membantu menemukan kembali cinta untuk tubuh para ibu. Sadie mengatakan, "Pergeseran perspektif Anda ke salah satu perayaan dan pengakuan atas keajaiban yang telah Anda lakukan. Memberi Anda apresiasi yang baru ditemukan tentang kemampuan tubuh Anda yang luar biasa."

3 dari 4 halaman

Mengapa Menyewa Fotografer Pesalinan?

Parents menyebut alasan para orangtua menyewa fotografer persalinan. "Saya sangat menginginkan foto momen pertama putri saya," kata Leila Fischer, seorang blogger di Spinach & Skittles.

"Tapi yang benar-benar meyakinkan saya untuk menyewa fotografer persalinan adalah gambar yang dibagikan teman saya pada saya setelah kelahiran putranya. Raut wajah suaminya sangat berharga, saat dokter menarik putranya dan menyerahkannya kepadanya," imbuhnya.

"Saya ingin bisa menangkap ekspresi suami saya saat ia bertemu putri kami. Teman dan keluarga bisa mengambil foto, tapi saya tahu fotografer profesional bisa menangkap emosi secara lebih mendalam," tutup Fischer.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular COVID-19