Sukses

Manfaat Pelukan Ayah bagi Bayi Baru Lahir Seperti yang Dilakukan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad terlihat memeluk putra keduanya sesaat setelah dilahirkan.

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru saja dianugerahi anak kedua pada Jumat (26/11/2021). Bayi itu dilahirkan di RS Bunda, Jakarta pada pukul 07.35 WIB dengan berat 3,095 kg dan panjang 48 cm.

Sejauh ini, Raffi belum menamai bayinya. Ia hanya berkeinginan bayi laki-laki itu memiliki inisial R, seperti sang kakak. Dalam jam-jam pertama kelahirannya, Raffi terlihat memeluk sang bayi yang dibalut selimut berwarna hijau dan topi rajut putih.

Pelukan ayah bagi bayi baru lahir itu ternyata bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Manfaatnya setara dengan pelukan ibu. 

Dikutip dari laman Brusseltimes.com, sebuah riset yang dilakukan Martine Van Puyvelde, seorang profesor di Free University of Brussel, bekerja sama dengan University of Liverpool, menunjukkan bahwa sentuhan ayah, seperti juga ibu, sama-sama berefek positif bagi bayi baru lahir. 

"Hasil ini menegaskan pentingnya peran ayah dan ibu yang setara dalam merawat bayi baru lahir, dan kami juga ingin mendorong para ayah lebih aktif berkontribusi pada hal ini," kata Van Puyvelde.

Sentuhan orangtua memicu berbagai mekanisme fisiologis pada bayi, seperti detak jantung melambat dan pernapasan lebih teratur. Proses ini penting dalam perkembangan optimal sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf itu bertanggung jawab atas pemulihan dan istirahat tubuh.

Studi itu melibatkan 25 ibu dan 25 ayah yang diminta menggendong dan membelai anak mereka. Jantung dan pernapasan bayi dimonitor sebelum, selama, dan setelah sentuhan. Hasilnya menunjukkan bahwa detak jantung dan pernapasan bayi lebih melambat selama dan setelah dibelai, tanpa perbedaan hasil signifikan antara ibu dan ayah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merangsang Reseptor

Video yang merekam perilaku para orangtua itu menunjukkan bahwa mereka secara intuitif membelai anak mereka dengan cara yang sama dan di titik yang sama. Cara membelai yang spesifik itu merangsang aktivitas yang disebut aferen C taktil (CT).

Itu adalah reseptor khusus di kulit yang bereaksi terhadap sentuhan lembut. Reseptor itu kemudian mengirimkan informasi emosional tentang sentuhan ini ke otak.

"Saat ini, para ayah jauh lebih hadir daripada di masa lalu, tetapi banyak ayah tampaknya tetap berhati-hati untuk merawat anak mereka secara aktif di awal menjadi orang tua. Mereka sering beralasan bahwa ibu memiliki keuntungan fisiologis melalui kehamilan, yang menyebabkan rasa tidak aman pada ayah. Tapi itu tidak perlu," tambah Van Puyvelde.

3 dari 4 halaman

Pujian bagi Rafathar

Sementara itu, Raffi juga tak lupa memberikan perhatian bagi anak sulungnya. Ia menyelamati Rafathar karena resmi menjadi kakak setelah adiknya lahir pagi tadi.

"Selamat ya sudah jadi kakak ya. Tos," ujarnya.

Di lain kesempatan, Nagita Slavina tidak bisa menahan tangis saat menanyakan perasaan Rafathar menyambut kelahiran adiknya. "Seneng enggak?" tanya Nagita.

"Seneng," ucapnya.

4 dari 4 halaman

8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.