Sukses

Berkelas, 9 Destinasi Ikonik yang Wajib Anda Kunjungi Saat di West Kowloon Cultural District!

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara di dunia pasti memiliki seni dan budaya yang berbeda-beda. Begitu unik dan berharganya sampai tak bisa diukur dengan materi. Bagi Anda yang penyuka seni dan budaya, maka wajib sekali untuk datang ke West Kowloon Cultural District (WKCD) sebuah kawasan budaya terbaru dan terbesar di yang berada di Hongkong.

WKCD menghadirkan kekayaan warisan dan kehidupan jalanan yang semarak di Yau Ma Tei dan Jordan serta dua museum baru kelas dunia seperti M+ dan Hong Kong Palace Museum.

Berikut ini adalah serangkaian destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di West Kowloon Cultural District. Memadukan musik live, film indie, opera Tiongkok, seni yang diakui dunia internasional, dan pencipta akar rumput Hong Kong lokal serta dengan latar belakang cakrawala mencolok Hong Kong, Anda akan diberikan sudut-sudut pandang berbeda ke salah satu pemandangan paling ikonik di Hongkong.

1. Xiqu Centre

Untuk sentuhan seni pertunjukan kelas dunia, alihkan pandangan Anda ke Xiqu Centre, tempat utama opera Tiongkok di Hong Kong. Telusuri fasad ikoniknya, patut dikagumi karena polanya yang saling terkait dan siluet bergelombang saat matahari terbenam memantulkannya. Saksikan juga pertunjukan memukau dan konser musik, mulai dari musik opera rakyat dan Cina hingga musik kamar dan pertunjukan paduan suara.

Upaya artistik di Xiqu Center juga tidak hanya dalam bentuk pertunjukan; kostum yang rumit dan make-up dari para pemainnya yang serba bisa juga sangat menakjubkan, menyediakan platform yang sempurna untuk mendidik generasi baru dan penduduk luar kota tentang warisan budaya dari bentuk seni tradisional ini.

The Tea House Theatre Experience dirancang untuk memudahkan penonton baru ke dalam opera Kanton, menyajikan dimsum dan teh selama pertunjukan untuk pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

2 dari 6 halaman

2. Freespace

Di tengah seluruh area WKCD terdapat Freespace, pusat pertunjukan kontemporer terbaru di Hong Kong. Sebagian besar seni modern adalah tentang mendorong batas dan mempromosikan pertukaran kreatif, dan Freespace ini dibangun dengan konsep dalam pikiran.

Di Freespace terdapat sebuah Box, teater kotak hitam terbesar di Hong Kong, tempat yang sempurna untuk teater dan acara eksperimental, serta tempat serbaguna yang disebut The Room dan The Studio, yang digunakan untuk segala hal mulai dari lokakarya hingga pameran.

Jika Anda berminat untuk merasakan seni dengan cara baru, Freespace harus menjadi tujuan Anda. Di sana juga ada sebuah bar, yang Anda dapat mengisi energi dengan minuman tradisional, koktail, santapan bar, dan pertunjukan musik live yang seru.

3. FAM

Pergilah ke arah air dan ikuti garis pantai sampai Anda mencapai FAM, singkatan dari Food, Art, and Music. FAM menggabungkan pengalaman budaya dengan santapan Cina kontemporer menjadi satu perpaduan yang kuat. Anda dapat menikmati suasana Art Deco yang menyenangkan di restoran terbuka dengan instalasi seni dan interior yang ditata sangat apik dengan banyak sinar matahari dan warna-warna berani. Anda pasti akan tergoda untuk mengabadikannya dalam jepretan kamera dan posting di media sosial.

FAM juga menikmati pemandangan 180 derajat yang luar biasa dari Pelabuhan Victoria dan halaman rumput Museum Drive. Cara terbaik untuk menikmati restoran ini adalah bersantap di luar ruangan sekaligus menghargai interpretasi perpaduan modern masakan Cina.

3 dari 6 halaman

4. Art Park

Setelah makan di FAM, regangkan kaki Anda di Art Park dan kawasan pejalan kaki tepi laut, yang membentang di sepanjang Victoria Harbour dan duduk berdampingan dengan area terbuka yang terdiri dari pepohonan, tanaman, dan ruang rumput hijau, sempurna untuk piknik.

Hamparan ruang publik yang panjang ini sangat populer di kalangan pelari, dan merupakan lokasi yang bagus untuk fotografi matahari terbenam dan pelabuhan. Dengan pemandangan tak terhalang dari salah satu cakrawala dan pemandangan kota terbaik di dunia, Anda hanya perlu sedikit usaha untuk mendapatkan foto-foto menakjubkan di sepanjang West Kowloon Promenade.

5. Competition Pavilion

Jangan tinggalkan kawasan pejalan kaki tepi laut tanpa mampir terlebih dahulu ke Competition Pavilion! Terbuat dari potongan kayu ramping, struktur modern ini terletak tepat di tepi air dan menawarkan pemandangan pelabuhan dan matahari terbenam yang luar biasa.

Penamaan tersebut mengacu pada bagaimana Hong Kong memelihara pertumbuhan budayanya, desain sederhana namun elegan ini adalah hasil pemenang pertama Hong Kong Young Architects & Designers Competition, dan dibangun untuk menyelenggarakan konser kecil, pertunjukan, dan pasar kecil.

4 dari 6 halaman

6. Hong Kong West Kowloon Station

Belok dari Victoria Harbour dan kembali ke utara ke dengan naik kereta di statiun Hong Kong West Kowloon Station. Dengan luas sekitar 400.000 meter persegi yang membentang 25 meter di bawah tanah, stasiun ini menghubungkan Hong Kong dengan Daratan.

Bagian paling menarik dari stasiun ini sebenarnya tepat di atasnya. Dengan berjalan melalui Sky Corridor, Anda dapat menikmati jalur dengan barisan tanaman yang mengarah ke Sightseeing Deck dan bisa menatap cakrawala ikonik Pulau Hong Kong, Xiqu Center, dan WKCD lainnya. Entah Anda berjalan-jalan di siang hari atau malam hari, Sky Corridor dan Sightseeing Deck di Stasiun Hong Kong West Kowloon akan memberi Anda perspektif luar biasa tentang kota kami yang terus berkembang.

7. Sky100

Terletak di lantai 100 International Commerce Cente , Sky100 merupakan dek observasi yang tiada duanya di Hong Kong. Meskipun lantai 100 bukanlah yang tertinggi yang dapat Anda tuju di ICC, apa yang ditawarkan sky100 adalah pemandangan panorama 360 derajat Hong Kong yang menakjubkan dari perspektif yang sangat tinggi.

Pemandangan yang membentang di Pulau Hong Kong, Kowloon, dan sekitarnya seharusnya cukup memukau, tetapi jika perhatian Anda mengembara, ada juga atraksi lain untuk menghibur Anda, seperti pameran multimedia interaktif, stasiun realitas virtual, dan pengambilan foto AR.

Kunjungi Advanced Telescopes Sky100, yang menyediakan pengaturan dan tampilan untuk hari-hari cerah, pemandangan malam, dan kembang api. Sehingga Anda dapat menikmati pemandangan apa saja, tidak peduli jam berapa Anda berkunjung!

5 dari 6 halaman

8. Ozone

Untuk lokasi selanjutnya, naik lebih jauh ke ICC dan masuk ke Ritz-Carlton untuk mencapai Ozone, bar tertinggi di dunia. Berada di lantai 118, bar ini didominasi warna biru agar sesuai dengan langit di luar jendela dari lantai ke langit-langit, dengan teras luar ruangan untuk menjelajah.

Pada hari-hari berawan, puncak ICC praktis menghilang dari pandangan dan pengunjung akan menemukan pemandangan kota mereka diselimuti kabut, tetapi ini masih memberikan tempat itu getaran yang sedikit halus. Selanjutnya, Anda dapat menikmati musik live, koktail, tapas ala Asia, dan masakan khas Jepang dengan pemandangan matahari terbenam, dan bersulang untuk kota atas inspirasi yang diberikan kepada Anda.

6 dari 6 halaman

9. Hong Kong Cultural Centre 

Bagi pecinta seni dan budaya yang ingin melanjutkan penjelajahan seni dan kreativitas di sepanjang tepi pelabuhan, pergilah ke Hong Kong Cultural Centre untuk menyaksikan pertunjukan langsung, mulai dari pertunjukan balet hingga produksi teater. Tempat serbaguna ini telah lama menjadi tujuan utama hiburan budaya sejak dibuka pada tahun 1989, dan dikenal luas karena daya tarik fotogeniknya, koridor dan ubin seragamnya sangat cocok untuk foto Instagram yang dramatis!

Di samping itu, Anda juga dapat mengunjungi Hong Kong Museum of Art yang baru saja direnovasi untuk pameran bergilir dan pameran internasional. Museum yang menampung koleksi lebih dari 17.000 item ini adalah museum seni publik pertama di kota West Kowloon dan memamerkan segala sesuatu mulai dari barang antik dan kaligrafi Tiongkok hingga instalasi modern dan lukisan Barat.

Selanjutnya, Anda juga dapat berjalan-jalan di sepanjang Avenue of Stars dan kagumi raksasa hiburan yang membentuk industri film Hong Kong yang tak terhapuskan dan terus menginspirasi negeri ini. Diterangi oleh hamparan gemerlap Victoria Harbour yang terkenal di dunia, berburu sidik jari aktor terkenal baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, dan lihat berapa banyak nama mereka yang dapat Anda kenali!

Informasi selengkapnya seputar destinasi wisata di West Kowloon, klik di sini

 

(*)