Sukses

Gaya Serba Retro Jokowi Saat Resmikan Sirkuit Mandalika

Tidak hanya busana, motor balap Jokowi yang mengaspal di Surkuit Mandalika juga bergaya retro.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Jumat pagi, (12/11/2021) untuk meresmikan Sirkuit Mandalika. Setelah prosesi peresmian, Jokowi langsung menjajal sirkuit yang akan dipakai pembalap World Superbike (WSBK) pekan depan, lapor kanal News Liputan6.com.

Dalam acara peresmian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat mengenakan setelan balap berwarna hitam, serasi dengan helm yang juga dipakai. Helm itu bahkan tidak dilepas Jokowi saat menandatangi prasasti Sirkuit Mandalika, berdasarkan video dari Biro Pers Kepresidenan.

Sebagaimana jaket motor pada umumnya, item itu dilengkapi beberapa aksen, termasuk bordir besar di bagian dada dan nomor di sisi kiri depan. Jaket bergaya retro itu tampak selaras dengan motor balap yang dikendarai Jokowi.

Ya, pria 60 tahun itu menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika mengendarai motor balap pribadinya. Setibanya di garis start Sirkuit Mandalika, Jokowi langsung menaiki motor balap berwarna hijau dan bertuliskan RI 1.

Di belakang Jokowi terlihat sejumlah orang yang juga mengendarai motor, sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terlihat bertugas mengibarkan bendera start. "Saya bagian benderanya, yang me-start dan me-finish-kan," katanya dalam video.

Bocoran Jokowi akan menjajal trek Sirkuit Mandalika sudah diketahui sejak kemarin. Gubernur NTB Zulkieflimansyah kedapatan mengunggah foto motor yang dipakai Jokowi di Instagram. "Pak Jokowi pun tak sabar lagi utk menjajal Sirkuit Mandalika besok sore," tulisnya, Kamis, 11 November 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilan Kasual

Sebelum muncul dengan setelan balap, Jokowi lebih dulu berpenampilan kasual saat tiba di Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Zainuddin Abdul Majid, Kabupaten Lombok Tengah. Kala itu tampak ia memakai jaket bomber hijau yang sudah beberapa kali dikenakannya, berpadu straight black pants andalan.

Tidak lupa sneakers hitam, yang sepertinya masih keluaran jenama lokal NAH Project, melengkapi tampilan simpelnya. Look ini pun sempat dibagikan Jokowi di akun Instagram-nya saat hendak terbang ke Lombok.

"Masih pagi benar, saya meninggalkan Jakarta menuju Nusa Tenggara Barat. Hari ini saya akan meninjau sekaligus meresmikan sirkuit balap di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika: Sirkuit Mandalika," tulisnya sebagai keterangan foto.

3 dari 4 halaman

Pergelaran Acara di Sirkuit Mandalika

Peresmian Sirkuit Mandalika dilakukan sepekan sebelum WSBK digelar di sana. Seri terakhir WSBK 2021 ini bakal jadi balapan pembuka di Sirkuit Mandalika, yang akan menentukan juara dunia antara Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea.

Selain WSBK, Sirkuit Mandalika rencananya juga akan jadi lokasi penyelenggaraan event dunia balap motor lainnya, seperti ATC, WSB, dan MotoGP. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.

Tepatnya setelah WSBK, Sirkuit Mandalika dipastikan akan jadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Pembalap top MotoGP seperti Marc Marquez, Joan Mir, Fabio Quartararo, hingga Stefan Bradl akan mengaspal di sana.

4 dari 4 halaman

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.