Sukses

Cucu Nelson Mandela Serukan Boikot Miss Universe 2021 Digelar di Israel

Penyelenggaraan Miss Universe 2021 di Israel menuai kritik pedas dari cucu Nelson Mandela, Mandla Mandela.

Liputan6.com, Jakarta - Cucu mantan Presiden ke-1 Afrika Selatan Nelson Mandela, Nkosi Zwelivelile Mandla Mandela bereaksi atas rencana gelaran Miss Universe 2021. Ia meminta negara-negara Afrika untuk memboikot kontes kecantikan ke-70 yang akan berlangsung di Israel pada Desember 2021.

Dilansir dari News24, Kamis (28/10/2021), di sisi lain, Lalela Mswane telah dinobatkan sebagai Miss Afrika Selatan 2021 pada Sabtu, 17 Oktober 2021 di Grand Arena, GrandWest di Cape Town. Perempuan berusia 24 tahun ini diumumkan sebagai perwakilan Miss Universe tahun ini.

Pernyataan boikot Miss Universe 2021 di Israel disampaikan cucu Nelson Mandela dalam sebuah pernyataan yang dibagikan melalui akun Instagram Nkosi Zwelivelile. Ia menyinggung soal Israel adalah negara apartheid, yakni sistem pemisahan ras, agama dan keyakinan, kelas sosial, diskriminasi etnis, dan kelompok mayoritas mendominasi kelompok minoritas.

"Israel adalah Negara Apartheid dan kami akan terus memobilisasi semua orang yang mencintai kebebasan di dunia untuk memboikot, melepaskan dan menjatuhkan sanksi terhadap rezim apartheid yang brutal," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Mvezo Komkhulu (The Great Place) yang dibagikan pada 19 Oktober 2021.

"Sehari-hari Apartheid Israel melanggar hak asasi manusia dasar rakyat Palestina dan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan," lanjut pernyataan tersebut.

"Israel adalah Negara Apartheid dan terus melakukan pendudukan keji dan perluasan pemukiman ilegal yang melanggar hukum internasional. Kita harus terus mengisolasi Apartheid Israel dengan cara yang sama seperti kita mengisolasi Apartheid Afrika Selatan," bunyi pernyataan itu.

Pria berusia 47 tahun itu melanjutkan pihaknya harus memperkuat upaya untuk mengembargo semua perdagangan dengan negara Apartheid terutama penjualan senjata dan sistem serta peralatan pertahanan. "Kami menyerukan semua negara untuk meningkatkan upaya mereka untuk mengisolasi Apartheid Israel dan memutuskan semua hubungan baik itu perdagangan, budaya, olahraga, rekreasi atau diplomatik," ungkap pernyataan.

"Kami menyerukan semua negara Afrika untuk menarik diri dari kontes Miss Universe di Apartheid Israel sebagai protes atas status pengamat yang diberikan secara sepihak oleh Komisioner AU," tutup pernyataan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malaysia Mundur

Menurut pernyataan pers, Malaysia, Barbados, dan Laos telah menolak untuk bersaing di Miss Universe 2021. Hal tersebut dikarenakan Covid-19 yang menghalangi berlangsungnya kontes lokal dan "perjalanan internasional dan domestik yang terbatas".

Kabar absennya Malaysia di Miss Universe 2021 disampaikan oleh Miss Universe Malaysia Organization (MUMO). Pernyataan tersebut diunggah melalui lewat Instagram resmi MUMO pada Selasa, 17 Agustus 2021.

"Kami memperhatikan bahwa Organisasi Miss Universe akan mengadakan kontes tahunan ke-70 di Eilat, Israel pada bulan Desember. Sayangnya, karena situasi Covid-19 yang memburuk, yang mengakibatkan terbatasnya perjalanan internasional dan domestik, kami tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia 2021," bunyi pernyataan tersebut.

Karena kondisi yang tak memungkinkan, Malaysia memutuskan absen di gelaran 2021. "Oleh karena itu, kami menolak undangan untuk kontes tahun ini dan dengan menyesal tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia tahun ini," lanjut mereka.

Sebelum mengakhiri pernyataan resmi, MUMO juga menyampaikan harapan terbaik mereka terkait pelaksanaan Miss Universe mendatang. "Berharap dapat berpartisipasi lagi dalam waktu dekat," tutup pernyataan itu.

3 dari 4 halaman

Miss Universe 2021

Dilansir dari Insider, Rabu, 21 Juli 2021, Organisasi Miss Universe mengumumkan pada Selasa, 20 Juli 2021, bahwa Miss Universe 2021 akan dilaksanakan di Eliat, Israel, pada Desember 2021. Kontes ini akan kembali mendaulat Steve Harvey sebagai pembawa acara.

Presiden Organisasi Miss Universe Paula Shugart menyebut Israel telah masuk dalam daftar negara tuan rumah kontes "selama beberapa tahun karena sejarahnya yang kaya." Ia juga menjelaskan alasannya terpilihanya Israel sebagai tuan rumah Miss Universe 2021.

"Ketika kami mencari lokasi untuk perayaan ulang tahun ke-70, jadi jelas lewat percakapan kami dengan wali kota Lankri dan Kementerian Pariwisata Israel bahwa Israel yang telah bekerja dengan baik dalam mengatasi pandemi global, memiliki sumber daya terbaik untuk menjadi tuan rumah Miss Universe di Desember," kata Paula kepada Insider.

Ia berharap dapat memperdalam komitmen untuk menciptakan percakapan, koneksi, dan pemahaman budaya yang bermakna lewat kemitraan ini. Organisasi Miss Universe mengungkapkan para kontestan akan "mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya Israel" dalam minggu-minggu menjelang kompetisi dengan kunjungan ke Laut Mati, Yerusalem, dan Tel Aviv.

Kontes kecantikan ini akan menampilkan kontestan dengan berbalut pakaian renang, gaun malam, dan wawancara. Penyelenggaraan Miss Universe 2021 akan ditayangkan di FOX, di Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.