Sukses

Ada 'Cinta' di Balik Jeolla-do Buatan Love Kimchi

Liputan6.com, Jakarta Sejenis asinan sayur yang merupakan hasil fermentasi dan dicampur bumbu pedas alias kimchi merupakan makanan khas Korea Selatan dan disukai orang Indonesia. Ya, makanan ini banyak beredar di Tanah Air dan bahan untuk membuatnya pun gampang ditemui. 

Meski demikian, rasa otentik kimchi belum tentu bisa didapatkan. Di Korea Selatan sendiri ada banyak  jenis kimchi yang dibuat. Beberapa daerah di Korea Selatan juga memiliki rasa kimchi yang bisa dibedakan, seperti kimchi Jeolla-do.

Ya, makanan fermentasi dari salah satu Provinsi di Korea Selatan ini menggunakan bumbu tambahan, yakni anchovy sauce atau jeotgal, sedangkan kimchi pada umumnya tidak.

Jeolla-do kimchi ini juga sudah ada di Indonesia lho! Tepatnya dijual oleh Love Kimchi dan bisa dipesan lewat ManisdanSedap.com. Ownernya, Sammy Lapudooh mengatakan bahwa resep kimchinya merupakan resep keluarga istrinya, Anna Lee yang merupakan orang asli Korea Selatan.

Selalu Ada di Meja Makan

Selayaknya dalam keluarga di Korea Selatan pada umumnya, meja makan keluarga Sammy yang ada di Yogyakarta juga selalu ada kimchi. Makanan ini diolah sendiri oleh istrinya. Sekali membuatnya, Anna membuat dalam jumlah banyak untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama.

"Kadang ada teman-teman yang minta, kami biasa membagikan, dan mereka suka. Dari masukan teman-teman yang suka kimchi kami dan melihat popularitas drama Korea yang terus meningkat, istri saya berpikir untuk membuat lebih banyak dan menjualnya secara online," cerita Sammy kepada ManisdanSedap.com.

Selain menggunakan resep keluarga, Jeolla-do kimchi Love Kimchi diolah secara alami tanpa tambahan penyedap atau pengawet kimia. Beberapa bumbu juga didatangkan langsung dari Korea.

"Kami memakai bahan bubuk cabe yang diimpor dari Korea dan beberapa bumbu khas Jeolla-do. Ada juga beberapa bumbu lain yang jadi rahasia kami," ungkapnya.

Ada banyak juga jenis kimchi yang tersedia, kimchi timun isi (oi sobagi), kimchi kucai (buchu kimchi), kimchi daun bawang merah atau lokio (chokpha kimchi), dan kimchi sawi utuh (poggi kimchi). Ada juga kimchi yang dibuat saat-saat tertentu, seperti gat kimchi dan kimchi buat bit.

"Yang jadi best seller selama ini kimchi daun bawang merah (pha kimchi) dan kimchi sawi (mak kimchi). Selain dua itu, kami merekomendasikan kimchi kucai (buchu kimchi), karena khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan," katanya yang memulai usaha Love Kimchi pada 2018 lalu.

Love Kimchi untuk Yayasan The Dream House

Dari Yogyakarta, Jeolla-do kimchi ini bisa dikirim ke seluruh pulau Jawa dan beberapa kota-kota besar lain yang sudah terjangkau ekspedisi. Pasalnya, kimchi hanya bisa bertahan selama 2 hari dalam pengiriman.

Sejauh Love Kimchi berjalan, Sammy mengatakan tak menemukan halangan berarti. Namun, ada kalanya kimchi mereka tak habis terjual. Jika begini, mereka biasa mengonsumsinya sendiri.

"Atau kami bagikan kepada teman-teman. Kebetulan juga, istri mengelola yayasan untuk membantu anak jalanan dan anak berisiko. Kalau kimchinya tidak habis, anak-anak yang ditampung di asrama yayasan siap menghabiskan," ujarnya sambil tertawa.

Yayasan yang dimaksud oleh Sammy adalah The Dream House yang sudah ada sejak 2006. Yayasan ini menolong anak-anak yang dipekerjakan di jalanan yang mengakibatkan putus sekolah. Sammy mengatakan, pihaknya membantu dengan cara memberi beasiswa agar mereka bisa kembali sekolah. 

"Jika keluarga mereka tidak mendukung untuk sekolah, kami menyediakan asrama untuk mereka tempati selama sekolah dengan syarat anak tidak boleh lagi bekerja di jalanan," jelasnya.

Menurutnya, anak-anak tersebut bisa tinggal di asrama hingga lulus SMA. Setidaknya 25 anak yang merupakan generasi pertama penghuni asrama kini sudah kuliah dan bekerja. Tak berhenti pada anak-anak, Sammy mengatakan yayasan ini juga melibatkan keluarga anak-anak, untuk pencegahan pelatihan parenting dan pemahaman hak anak.

"Saat ini juga ada 1 anak di asrama yang SMK Tata Boga, dan dia membantu kami di usaha kimchi ini. Love Kimchi ini juga jadi salah satu sumber dananya. Walaupun belum banyak sih, yang bisa diberi dari usaha ini," tutup Sammy.

Pas banget kan kalau akan rerun drama korea Hometown Chachacha atau Oh My Venus dengan kimchi asli buatan orang Korea. Sandingkan dengan mie goreng atau bbq grill favorit kamu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)