Sukses

Indahnya Sunset Pantai Imbuti di Merauke, Salah Satu Tuan Rumah PON XX Papua

Merauke yang merupakan salah satu tuan rumah PON XX Papua punya beragam tujuan wisata menarik, salah satunya adalah Pantai Imbuti.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu klaster tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON) XX Papua adalah Kabupaten Merauke. Kabupaten ini memiliki beragam destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Pantai Imbuti.

Pantai yang terletak di Buti, Kelurahan Samkai, Merauke itu menyajikan panorama alam yang memukau. Pengunjung bisa menikmati pengalaman menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau "sunset" dengan pemandangan Laut Arafura di kota paling timur Nusantara tersebut.

"Hari Sabtu dan Minggu itu biasanya paling ramai pengunjung," ucap salah satu warga setempat, Fatmawati, yang tinggal di Pantai Imbuti Merauke, dikutip dari Antara, 1 Oktober 2021. Pantai Imbuti dikenal oleh warga lokal dengan nama lain Pantai Lampu Satu. Nama itu dipakai karena di pantai tersebut ada mercusuar sebagai pemandu kapal-kapal yang melintas.

Wisatawan tak hanya dapat menikmati keindahan pantai, tapi juga melihat kesibukan masyarakat Kampung Bahari yang berprofesi sebagai nelayan dan juga pembuat kapal. Pantai Imbuti juga memiliki kawasan konservasi mangrove seluas kurang lebih 30 x 50 meter dengan lebih dari 1.500 pohon mangrove yang ditanam.

Pengunjung yang memasuki Pantai Imbuti tidak dikenakan biaya. Akses jalan menuju ke pantai tersebut juga sudah memadai. Anda bisa naik kendaraan roda dua atau roda empat untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Imbuti.

Hamparan luas pasir pantai berwarna coklat bertekstur lembut menyambut wisatawan yang baru tiba di pantai yang tak jauh dari pusat Kota Merauke tersebut. Fatmawati mengatakan bahwa perhelatan PON XX Papua disambut baik oleh warga setempat yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan juga pedagang.

"Semoga semakin ramai yang datang ke sini," harap Fatmawati.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramai Dikunjungi

Kelebihan lainnya dari Pantai Imbuti adalah bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah. Merauke berada di garis horinzontal, sehingga ketika sore hari, daerah-daerah pesisir pantai, seperti Pantai Mbuti, selalu ramai dikunjungi orang dengan satu tujuan: menikmati kecantikan matahari tenggelam di Laut Arafura, Merauke.

Amran, salah satu fotografer landskap di Merauke, menuturkan walau hanya berlaku 10 hingga 30 menit, pemandangan matahari tenggelam di Merauke tergolong indah. "Ada kepuasan memotret sunset di Merauke, karena posisi matahari benar-benar turun di garis horizontal dan kelihatan begitu dekat," katanya, seperti dilansir dari kanal Regional Liputan6.com.

"Di daerah pantai ada banyak objek yang bisa dipotret dengan latar belakang sunset. Sebab, benar-benar sunset-nya terlihat. Ini karena daerah Merauke datar, sehingga di kala matahari terbenam, benar-benar terlihat, berbeda di daerah lain," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Pembukaan PON XX Papua

Pembukaan PON XX Papua 2021 berlangsung meriah dan sukses membuat banyak pihak terkagum-kagum. Upacara pembukaan pesta olahraga ini berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Pembukaan PON XX Papua 2021 disemarakkan dengan puluhan penari dibarengi tulisan "Selamat Datang Papua". Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih. Video mengabadikan keindahan dan pesona alam Papua, tak terkecuali Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik.

Ada pula kerajinan tangan dan santapan khas Papua, seperti papeda dengan kuah kuning.Stadion Lukas Enembe menjadi saksi sejarah perhelatan akbar ini.  Acara di lokasi turut disemarakkan dengan tampilan para pesohor negeri dan iringan kembang api yang spektakuler.

4 dari 4 halaman

Perhelatan Akbar PON XX 2021 di Bumi Cenderawasih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.