Sukses

Mencicipi Se'i Sapi Susu Chef Renatta dan Ayam Woku Chef Juna

Baik menu se'i sapi susu dari Chef Renatta maupun ayam woku Chef Juna diklaim bercita rasa pedas. Apakah demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Kreasi kuliner dari dua juri Masterchef Indonesia ini bikin penasaran. Chef Renatta Moeloek dan Chef Juna Rorimpandey yang baru saja bergabung dengan Dailybox, menghadirkan dua makanan Nusantara dari daerah berbeda.

Chef Renatta menghadirkan olahan se'i sapi, daging asap khas NTT yang belakangan jadi populer di mana-mana. Ia menyebut menunya sebagai se'i sapi susu, yakni sei sapi yang ditambahkan sambal susu pedas gurih.

Sementara, Chef Juna menghadirkan nasi ayam woku yang merupakan khas Manado, tanah kelahirannya. Corporate Executive Chef, Dailybox, Chef Arcad Fadillah menerangkan  menu itu adalah menu signature Chef Juna dengan cita rasa pedas gurih.

Sama-sama mengklaim makanan pedas, apakah memang demikian? Liputan6.com berkesempatan mencicipi dua menu kreasi kedua chef tersebut.

Yang pertama saya cicipi adalah se'i sapi. Aroma daging asapnya sudah menggoda selera sejak awal, ditambah dengan warna merah sambal yang melimpah dan taburan bawang putih goreng. Apalagi, nasi putihnya masih dalam keadaan hangat.

Daging se'inya lembut, tidak terlalu sulit dikunyah. Rasa gurihnya juga pas, tidak sampai membuat keliyengan atau merasa eneg. Hanya saja, level kepedasannya tidak seperti yang diharapkan. Tak ada rasa menggigit sampai ingin minum di tengah-tengah waktu makan. Mungkin dirancang agar yang tidak bisa makan pedas, bisa menyantapnya.

Satu porsi nasi se'i sapi susu itu ternyata mengenyangkan. Padahal, kesan pertamanya terlihat kecil. Ditambah lagi ada tumis daun singkong sebagai pendamping yang bikin perut tambah penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kreasi Chef Juna

Sementara, ayam woku kreasi Chef Juna didominasi warna kuning dari kunyit. Penggunaan daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, dan daun pandannya menjadikan makanan ini kaya aroma. 

Potongan daging ayamnya tebal dan agak berserat, kemungkinan dari bagian dada. Meski begitu, proses memasaknya pas sehingga ayam tetap empuk. Ayam woku ini versi nyemek, jadi jangan harap bisa menemukan kuahnya.

Sekilas, saya merasakan kesamaan rasa dengan pepes ayam. Mungkin karena sama-sama menggunakan daun kemangi di dalamnya. Hanya saja, menu ini ada sedikit rasa asam dari tomat. Tambahan timun mampu menyeimbangkan rasa yang pekat.

Menu ini bagi saya tidak pedas sama sekali. Padahal, saya terbilang level moderat untuk rasa pedas. Jadi, Anda yang tidak bisa menoleransi pedas, makanan ini cocok di lidah. 

"Dengan konsep simpel dan easy to eat, kita sengaja tidak menambahkan sambal sebagai tambahan dan secara semua menu kita sudah selalu ada ciri khasnya masing-masing. Jadi, walaupun tanpa tambahan sambal, its already good as it is," kata Chef Arcad seraya menyebut konsumen bisa meminta sambal tambahan jika membutuhkan.

3 dari 4 halaman

Menu Seasonal

Kehadiran Chef Juna dan Chef Renatta melengkapi jajaran Chef Dailybox yang digawangi oleh Chef Arcad Fadillah selaku Corporate Executive Chef dan Chef Dody Horison sebagai Head of Kitchen Operations dari grup Dailybox. Keduanya akan fokus mengembangkan menu seasonal Dailybox.

"Chef Juna dan Renatta ini bukanlah sosok asing bagi Dailybox. Chef Juna bahkan sudah berkolaborasi Dailybox sejak tahun 2019. Karena kolaborasi telah terjalin baik, jadi kami sepakat untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan kedua figur ini," ujar Kelvin Subowo, Co-founder Dailybox, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Dailybox merupakan start-up di bidang F&B yang fokus menggarap model bisnis cloud-kitchen. Situasi pandemi menjadi momentum untuk memaksimalkan layanan dengan membuka gerai-gerai baru.

"Arahan bisnisnya pada saat itu adalah membuat gerai baru dengan cepat dan modal yang minim. Dailybox mulai berkembang – dari 15 lokasi menjadi 120 lokasi dengan 90 persen pendapatan didapat dari jasa pesan antar online," sambung dia. 

Perusahaan itu baru saja berekspansi ke Kalimantan dengan membuka outlet pertamanya di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Agustus 2021. Dengan area seluas 700 meter persegi, Dailybox Pontianak menjadi gerai terbesar Dailybox saat ini.

 

Kalo ga sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.