Sukses

Dubai Gunakan 38 Anjing Pelacak Covid-19 di Bandara dengan Tingkat Keberhasilan 98,2 Persen

Dubai memiliki 38 anjing pelacak Covid-19 yang bekerja di bandaranya dengan tingkat keberhasilannya sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Dubai memiliki 38 anjing pelacak yang bekerja di bandaranya yang dapat mengidentifikasi orang yang terinfeksi Covid-19 dengan tingkat keberhasilan 98,2 persen. Dubai butuh waktu selama setahun untuk studi pertamanya tentang penggunaan anjing untuk mendeteksi Covid-19.

Melansir dari laman ctvnews.ca, Sabtu, 18 September 2021, polisi Dubai melatih sekelompok anjing, yang meliputi German Shepherds, Labrador, Cocker Spaniels, dan Border Collies, untuk mengenali aroma Covid-19. Aroma tersebut dikenali dengan menggunakan sampel keringat dari orang-orang dengan infeksi yang dikonfirmasi, dikumpulkan dengan memegang swab di ketiak selama beberapa menit.

"Keringat tersebut dimasukkan ke dalam toples - memiliki aroma pasien - kemudian kami mengeluarkan sampel untuk dihirup anjing. Ketika dia memberi kami tanda, kami memberinya hadiah," kata Letnan Satu Nasser al-Falasi dari polisi Dubai, pengawas program di pusat pelatihan K9 di wilayah Awir Dubai.

Di aula pelatihan besar di pusat itu, pawang polisi mengantar anjing-anjing itu di sepanjang deretan kotak logam, di mana hanya satu yang berisi sampel positif. Anjing-anjing mengendus sampel dan dalam beberapa detik duduk untuk memberi sinyal bahwa mereka telah menemukan sesuatu.

Pelatih polisi Fatima al-Jasmi berada di tim deteksi Covid-19. Ia memandu Border Collie hitam putih yang tampak bersemangat berlatih, melakukannya dengan benar setiap saat. Dia berkata, pelatihannya sedikit menantang, mempelajari keterampilan baru dengan standar internasional.

Studi yang diadakan di Dubai, yang diterbitkan pada Juni 2021 di Communications Biology, bagian dari jurnal ilmiah Inggris Nature. Penelitian itu menyimpulkan bahwa penggunaan anjing untuk mendeteksi Covid-19 tingkat keberhasilan deteksi 98,2 persen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Pelatihan

Penelitian ini menggunakan sampel keringat dan tes PCR dari 3.290 orang untuk membandingkan kemampuan deteksi anjing. Falasi mengatakan anjing-anjing itu saat ini melakukan sekitar 30-40 tes sehari di bandara.

Bolt, seekor Belgian Malinois hitam dan cokelat, adalah anjing pendeteksi Covid-19 pertama yang ia latih. "Dia sering pergi tugas. Mungkin sudah lebih dari 1.000 tes COVID-19," kata Falasi bangga.

Anjing-anjing itu terutama digunakan di bandara di seluruh UEA, tapi anjing tersebut juga siap digunakan di mana pun jika diperlukan. Dubai telah menerima permintaan dari seluruh dunia untuk berbagi pengetahuan tentang cara melatih anjing untuk mengendus Covid-19, kata Mayor Polisi Dubai Salah Khalifa al-Mazroui.

Polisi Dubai juga memiliki anjing yang dilatih untuk mengendus obat-obatan dan bahan peledak. Keterampilan tersebut akan digunakan saat emirat Dubai bersiap untuk membuka pameran Dubai Expo2020 bulan depan.

3 dari 4 halaman

Negara Lain

Beberapa negara lain, termasuk Finlandia, Amerika Serikat, dan Prancis, telah menjalankan pelatihan anjing mereka sendiri dan uji coba deteksi anjing Covid-19. Bandara Internasional Miami (MIA) jadi bandara di AS yang pertama yang menggunakan anjing untuk mendeteksi Covid-19.

Anjing pendeteksi tersebut bernama Cobra dari Belgia dan One Betta dari Belanda. Mereka dilatih secara khusus oleh Global Forensic and Justice Center (GFJC) di Florida International University (FIU), seperti dilansir dari laman Travel and Leisure.

Kedua anjing tersebut saat ini ditempatkan di pos pemeriksaan keamanan karyawan American Airlines. Covid-19 ternyata dapat diendus karena virus tersebut menyebabkan perubahan metabolisme pada seseorang yang mengakibatkan produksi senyawa organik volatil (VOC).

 

4 dari 4 halaman

Infografis Awas Covid-19 Varian Lambda Terdeteksi di 30 Negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.