Sukses

Botol Kaca yang Dilepas di Laut Jepang Akhirnya Ditemukan di Hawaii Setelah 37 Tahun

Sebuah botol kaca yang dilepaskan ke laut pada 1984 oleh siswa sekolah menengah prefektur di kota timur Jepang akhirnya ditemukan,

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah botol kaca yang dilepaskan ke laut pada 1984 oleh siswa sekolah menengah prefektur di kota timur Jepang akhirnya ditemukan. Penemuan terjadi di Pulau Hawaii, Amerika Serikat, yang jauhnya sekitar 6.000 kilometer.

Peristiwa tersebut merupakan penemuan pertama botol kaca yang dimasukkan ke laut oleh siswa SMA Choshi di Choshi, Prefektur Chiba. Pelepasan botol itu sebagai bagian dari proyek untuk menyelidiki arus laut sejak botol ke-50 ditemukan pada 2002 di Pulau Kikaijima di barat daya Prefektur Kagoshima Jepang, seperti melansir dari laman Mainichi.Jp, Sabtu, 18 September 2021.

"Kami pikir yang terakhir ditemukan di Kikaijima. Kami tidak pernah membayangkan botol yang lain akan ditemukan 37 tahun kemudian," ungkap Wakil Kepala Sekolah Jun Hayashi pada 15 September 2021.

Penemuan ini dijadwalkan untuk diumumkan pada pertemuan online "Japan Driftological Society" yang dijadwalkan pada Oktober 2021. Seorang bocah setempat berusia sembilan tahun menemukan botol itu di pantai berbatu.

Di dalamnya ada formulir kontak dalam bahasa Jepang, Inggris, dan Portugis yang menjelaskan bahwa itu dilepaskan di lepas pantai Choshi, dan meminta penemunya untuk menghubungi pemiliknya. Temuan itu dilaporkan oleh surat kabar lokal dan tampaknya menarik perhatian.

Klub ilmu alam sekolah menengah melepaskan botol-botol itu ke laut pada 1984 dan 1985 untuk menyelidiki Arus Kuroshio. Secara keseluruhan, 750 botol ditempatkan ke laut dekat Pulau Miyakejima Tokyo dengan kerja sama dari kapal patroli Kantor Penjaga Pantai Choshi. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

17 Tempat

Sejak 1985, botol telah ditemukan di 17 tempat termasuk prefektur Okinawa, Akita dan Kyoto. Mereka juga telah ditemukan di luar negeri di Midway Atoll di Amerika Serikat, dan kontak juga datang dari Filipina, Cina, dan pantai barat AS.

Tidak termasuk kasus Pulau Kikaijima, tidak ada kontak tentang botol yang terjadi sejak 2000, dan klub ilmu alam menghentikan kegiatan pada 2007. Tindakan pencegahan kerusakan lingkungan juga berarti tidak mungkin lagi bereksperimen seperti itu.

Formulir kontak seukuran kartu pos dalam botol yang ditemukan tiba kembali di Sekolah Menengah Choshi pada 3 September 2021. Atas nama para siswa, yang tampak sangat tersentuh, dua siswa tahun kedua menulis surat penghargaan dalam bahasa Inggris kepada gadis yang menemukan botol itu.

 

3 dari 4 halaman

Miniatur Bendera

Nozomi Hakkaku dan Asuka Yamaguchi yang berusia 16 tahun, yang menulis surat kepadanya. Ia berencana untuk mengirim miniatur bendera tangkapan besar sebagai suvenir dengan surat-surat tersebut.

Salah satu dari mereka berkata, "Saya ingin menghargai hubungan yang dibawa botol itu kepada kita melintasi batas dan ruang-waktu."

Mayumi Kanda, seorang anggota klub pada 1984, berkomentar, "Saya terkejut, itu menghidupkan kembali kenangan nostalgia masa sekolah menengah saya. Saya berterima kasih kepada mereka yang terlibat."

4 dari 4 halaman

Infografis: Protokol Kesehatan Sekolah Tatap Muka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.