Sukses

Uniqlo Resmi Luncurkan Laman Belanja Online di Indonesia, Apa Kelebihannya?

Liputan6.com, Jakarta - Uniqlo resmi meluncurkan toko online mereka di Indonesia, Uniqlo.com, esok hari, Jumat, 17 September 2021. Peluncuran ini menandai bahwa brand fesyen asal Jepang itu bisa melayani konsumen mereka di seluruh Indonesia.

Daniel Pieter Sumual, Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia, menerangkan alasan mereka baru meluncurkan laman belanja online setelah beroperasi di Indonesia selama delapan tahun. Toko fisik pertama mereka saat dibuka di Lotte Avenue, Jakarta, dan kini memiliki 41 cabang di berbagai kota.

"Tidak pernah ada kata terlambat. Kita persiapkan dari kemarin. Kami siapkan agar sistem benar-benar ready untuk customer," kata Daniel, dalam jumpa pers virtual, Selasa, 15 September 2021.

Ia menyatakan sistem tersebut terintergrasi secara global. Meski menggunakan domain dotcom, konsumen dari Indonesia akan langsung diarahkan untuk berbelanja di kawasan Indonesia.

"Uniqlo mencoba konsisten tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain. Itu alasan kenapa tidak ada di marketplace, tetapi kami pakai online store," sambung dia.

Toko daring itu sekaligus menjadi gerai terbesar dengan lebih dari 10 ribu item ditawarkan. Ukurannya juga lebih variatif. Menurut Daniel, sejumlah item menyediakan pilihan ukuran dari XS hingga XXL. Biasanya, ukuran tersebut tidak ditemukan di toko fisik mereka.

Meski begitu, toko offline tetap akan dikembangkan untuk menunjang pengalaman belanja yang lebih maksimal bagi konsumen. Pasalnya, omnichanel kini menjadi strategi pemasaran paling efektif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Pembayaran hingga Cara Pengembalian Barang

Daniel menerangkan laman Uniqlo.com bisa diakses melalui dua media, yakni via situs web dan aplikasi. Selama periode 6--30 September 2021, konsumen berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp50 ribu.

Konsumen juga bisa mendapatkan gratis ongkos kirim dengan pembelian minimal Rp699 ribu, untuk semua transaksi. Ada pula tas dua sisi yang bisa didapatkan gratis dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Uniqlo menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran, yakni via transfer bank, pembayaran menggunakan kartu kredit, dan COD. Saat COD, konsumen juga bisa memilih membayar tunai ke kurir atau transfer bank. 

"Konsumen juga bisa pesan dan bayar di toko dalam dua jam. Event, kita juga ada click and collect, yaitu belanja di apps, tapi ambilnya di toko. Jadi, misalnya pas belanja ke mal, bisa ambil di toko," sambung Daniel.

Di sisi lain, konsumen juga bisa mengembalikan barang yang tidak disukai ke toko. Syaratnya tag harga masih terpasang lengkap, dalam kondisi baru, dan tidak dicuci. Fasilitas ini tersedia sampai 30 hari dari tanggal pembelian.

"Konsumen tidak bisa menukar, tapi kami akan mengembalikan dananya dalam 14 hari kerja," sahut dia.

3 dari 4 halaman

Banyak Diminati

Daniel mengklaim, Uniqlo bukanlah termasuk fast fashion karena produk yang diproduksi dirancang agar bisa dipakai selama bertahun-tahun. Material dirancang agar tahan lama, sehingga konsumen tidak mudah berganti baju.

"Kita juga ada recycling box, jadi baju yang sudah tidak ingin dipakai, bisa disumbangkan di situ, disumbangkan ke refugee," sambung dia.

Sejauh ini, lini busana yang masih mendominasi adalah dari lounge wear, seperti piama. Ada pula lini airism yang disukai karena bisa menyerap keringat dengan baik.

"Kita juga di gerai kerja sama dengan UKM, pajang hasil UKM sekitar, untuk ditunjukkan ke customer Uniqlo," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental