Sukses

TMII Sudah Dibuka untuk Berolahraga, Apa Saja Persyaratan untuk Masuk?

Meski sudah dibuka kembali, sejumlah area di TMII masih ditutup.

Liputan6.com, Jakarta Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level, sejumlah tempat wisata sudah mulai dibuka meski baru sebagian. Misalnya saja Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

Mulai hari ini, Jumat (20/8/2021), TMII sudah buka kembali. Mereka siap menyambut pengunjung yang ingin berolahraga. Kawasan wisata di Jakarta Timur ini dibuka mulai pukul enam pagi sampai pukul 18.00 WIB.

Harga tiket masuk tetap sama, yaitu Rp20 ribu per orang, dan bisa dibeli langsung di tempat. Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram resmi TMII, Kamis, 19 Agustus 2021.

Tentu ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa masuk. Pengunjung harus sudah divaksinasi dengan menunjukkan bukti sudah vaksinasi (minimal dosis pertama).

Anak-anak di bawah usia 12 tahun belum diperbolehkan masuk karena belum mendapatkan vaksin. Lalu, kapasitas pengunjung masih dibatasi yaitu maksimal 25 persen. Area yang dapat dikunjungi juga masih terbatas.

"Area yg dapat dikunjungi hanya area outdoor termasuk taman burung dan taman reptilia. Untuk arena indoor seperti anjungan, museum dan lain-lain masih ditutup," tulis akun Instagram @tmiiofficial.

Para pengunjung pun harus menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan lupa tetap memakai masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter dan menghindari kerumunan. Disarankan untuk membawa sendiri hand sanitizer selama berkegiatan di TMII.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancol Juga Dibuka

Kebijakan serupa diterapkan di tempat wisata terpopuler lainnya di Jakarta, Ancol Taman Impian. Setelah cukup lama menutup pintu, kini Ancol kembali dapat dikunjungi khusus untuk pengunjung yang berolahraga mulai Rabu, 18 Agustus 2021.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Ancol Taman Impian yang terverifikasi. "Ancolovers, mulai 18 Agustus 2021 Ancol dan Allianz Ecopark buka kembali "KHUSUS UNTUK OLAHRAGA"," demikian bunyi keterangan unggahan pada 18 Agustus 2021.

Jam operasional buka dibagi menjadi dua sesi, yakni Sesi 1 pukul 06.00--10.00 dan Sesi 2 pukul 14.00--18.00. Bagi pengunjung yang akan beolahraga ke Ancol, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Berolahraga di Ancol hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Kemudian, pengunjung harus menunjukkan bukti sudah vaksinasi melalui aplikasi JAKI atau PeduliLindungi atau kartu dalam bentuk fisik di screening Ancol.

Pembelian tiket masuk Ancol wajib dilakukan secara online, yaitu melalui situs web resmi Ancol, yakni ancol.com. Anak-anak di bawah 12 tahun, lansia 70 tahun ke atas, dan ibu hamil belum diperbolehkan berkunjung ke Ancol sampai batas waktu yang belum ditentukan.

3 dari 4 halaman

Ragunan Masih Tutup

Pengunjung belum diperbolehkan berenang di kawasan pantai dan kolam renang Ancol. Pengunjung belum diperkenakan pula menggelar tikar atau piknik di kawasan area Ancol.

Selain itu, untuk olahraga yang berkerumun, seperti senam, yoga, tai chi, dan lainnya yang bersifat berkerumun lebih dari dua orang dalam lokasi yang sama, belum diperbolehkan.

Beda dengan Ancol dan TMII, Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan masih tutup untuk sementara. Ragunan tutup sejak 22 Juni 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan.  Hal ini menyusul lonjakan kasus positif Covid-19 di Jakarta. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram resmi Taman Margasatwa Ragunan.

"Penutupan sementara Ragunan untuk memperkuat implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan percepatan vaksinasi Covid-19. Sahabat Ragunan tetap jalankan protokol kesehatan dan disiplin ingatkan sesama, saling menjaga. Batasi aktivitas keluar rumah untuk keperluan esensial," tulis akun tersebut pada 22 Juni 2021.

4 dari 4 halaman

TMII Lepas dari Keluarga Soeharto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.