Sukses

Aksi Berbagi Beras untuk Driver Ojol dan Pemulung Tiap Jumat

Di bagasi mobilnya, perempuan tersebut menyiapkan puluhan kantong beras.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini kian banyak orang yang berbagi rezeki kepada mereka yang terdampak pandemi Covid-19. Beberapa dari mereka juga membagikan videonya saat berbagi di media sosial, seperti yang dilakukan seorang perempuan bernama Linda.

Hal itu diharapkan bisa menginspirasi banyak orang. Dalam unggahan videonya di akun TikTok @lindashilaa, Linda punya kegiatan rutin tiap Jumat yakni membagikan beras gratis.

Puluhan kantong beras ditaruhnya di bagasi mobil untuk kemudian dibagikan ke para driver ojek online atau ojol hingga pemulung. Ia sudah beberapa kali membagikan video kegiatan membagikan beras tiap Jumat.

Yang terbaru, video tersebut dibagikannya pada 31 Juli 2021. "Bismillah My routine in Jumat Berkah, Jgn dilihat dari byk atau sedikitnya , insya Allah Berkah," tulisnya dalam keterangan video.

Di bagasi mobilnya, Linda terlihat sudah menyiapkan puluhan kantong beras yang ditata rapi. Saat tiba di lokasi yang cukup ramai, perempuan berhijab ini membuka pintu belakang mobilnya lalu mempersilakan warga untuk mengambil beras.

Para driver ojol yang ada di lokasi langsung menyerbu mobil ini dan mengambil sekantong beras gratis. Selain driver ojol, terlihat juga ada pemulung, satpam, sampai penyapu jalan yang ikut mengambil beras. Tiap orang hanya boleh mengambil sekantong beras agar bisa lebih banyak orang yang mendapatkan beras tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paket Makanan

Tak hanya membagikan keras, dalam video lainnya Linda terlihat pernah membagikan paket makanan dan minuman pada orang-orang di jalan. Dalam video yang diunggah pada 23 Juli 2021, ia membagikan beras, biskuit, sirup, mi instan dan minuman yang dibungkus dengan plastik transparan.

Paket tersebut dibagikannya kepada para lansia, petugas kebersihan dan driver ojol yang ditemuinya di jalan. Aksi dermawan Linda mendapat banyak pujian dari warganet. Banyak yang meninggalkan komentar positif di unggahannya.

"Masya Allah cantik baik lagi, berkah terus ya kakak, semoga ditambah terus rizkinya," komentar seorang warganet.  "Semoga semakin banyak orang-orang seperti anda," komentar warganet lainnya.

Berbagi kepada mereka yang membutuhkan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain memberikan barang kebutuhan pokok secara gratis, bisa juga dengan membeli dagangan para penjual keliling yang termasuk sangat terdampak pandemi.

3 dari 4 halaman

Memborong Jualan

Aksi berbagi seperti itu kerap dilakukan seorang pria pada penjual makanan keliling. Ia membagikan momen berbagi kebaikan melalui akun TikTok @steven.stenlyy.

Salah satunya, pria bernama Steven ini membagikan video sedang membantu seorang ibu penjual nasi campur keliling dengan menggunakan sepeda. Dalam unggahan pada 4 Juli 202, Steven terlihat memborong semua nasi campur bungkus yang masih tersedia.

Total harganya adalah Rp81 ribu, tapi Steven memberikan uang Rp100 ribu pada ibu tersebut. Ia sempat berbincang singkat dengan ibu penjual nasi campur itu yang ternyata berjualan dari pagi hingga sore hari.

Suaminya pergi meninggalkan dirinya dan ketiga anaknya sehingga ia harus berjualan. Salah seorang anaknya yang perempuan ternyata sudah menikah. "Ditinggal pergi oleh suami, tapi anda tidak menyerah, semangat bu," tulisnya dalam keterangan video.

Seperti sejumlah video yang pernah dibagikannya, video tersebut juga mendapat banyak pujian dari warganet. Di akun TikTok miliknya, Steven juga membuka wadah donasi bagi siapa saja yang ingin memberi sumbangan atau bantuan pada mereka yang membutuhkan.

4 dari 4 halaman

Ragam Tanggapan Dugaan Prank Donasi Fantastis Rp 2 Triliun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.