Sukses

Penghentian Perjalanan Kereta Bandara Soetta dan Kualanamu Diperpanjang

Liputan6.com, Jakarta - PT Railink selaku pengelola Kereta Api bandara di Indonesia memperpanjang penghentian sementara operasional di dua lokasi mulai 1 sampai 31 Agustus 2021. Kedua rute tersebut yaitu Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang dan Kereta Bandara Kualanamu Medan.

Pemberhentian operasional KAI (Kereta Api Indonesia) di kedua lokasi bandara tersebut mengikuti perpanjangan kebijakan PPKM Level 3-4. Kabar tersebut diumumkan KAI Bandara lewat akun Instagram resminya, Sabtu, 31 Juli 2021.

"Travelers, penghentian operasi sementara KAI Bandara Soekarno – Hatta, Jakarta dan KAI Bandara Kualanamu, Medan diperpanjang terhitung mulai pada tanggal 1-31 Agustus 2021," tulis KAI Bandara dalam keterangan unggahannya. KAI Bandara juga mengimbau calon penumpang agar memperkuat disiplin dan patuh protokol kesehatan (prokes).

Dalam usaha mencegah penularan Covid-19 selama PPKM Level 3-4, KAI Bandara juga meminta agar calon penumpang mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. "Mari kita perkuat disiplin dan saling mengingatkan untuk patuh pada protokol kesehatan. Hindari kerumunan, wajib pakai masker , menjaga jarak, kurangi mobilitas, rutin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer," tulisnya lagi.

Pada penutupan pertama, mereka akan memberikan kesempatan refund tiket bagi penumpang yang sudah telanjur membeli dalam periode tersebut. Pengambilan tiket sebesar 100 persen di luar bea pemesanan.

Bagi penumpang KAI Bandara yang sudah memiliki tiket, dapat 100 persen pengembalian di luar bea pemesanan, dengan melampirkan bukti tiket dan bukti transaksi ke email PT Ralink. Pada masa pandemi ini, Kereta Bandara Soetta mulai beroperasi pada pukul 05.37 WIB hingga 19.45 WIB. Sedangkan Kereta Bandara Kualanamu mulai beroperasi pada pukul 06.45 WIB hingga 18.18 WIB.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bukan yang Pertama

Keputusan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang kecewa dan ada juga yang memberi saran pada KAI Bandara.

"Sebagai pengganti, KRL tolong diteruskan sampai Bandara," tulis pemilik akun @ nicholasbhagasinsan. "Terima kasih atas masukannya kak😊🙏," jawab mereka.

Penghentian sementara pengoperasian kereta di kedua bandara tersebut sudah beberapa kali terjadi selama pandemi. Pada awal Mei 2021, pengoperasian kereta bandara di Jakarta dan Medan diumumkan berhenti sementara pada 6--17 Mei 2021.

3 dari 5 halaman

KAI Bandara Premium

"Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian penyebaran COVID-19 selama Ramadan dan telah diterbitkannya Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah," tulis pihak KAI Bandara dalam unggahan di akun Instagram mereka.

Lebih lanjut dijelaskan, KAI Bandara Soekarno Hatta dan KAI Bandara Kualanamu akan beroperasi kembali secara normal pada 18 Mei 2021. Sebelumnya, mereka telah menguji coba layanan KAI Bandara Premium menuju Bandara Soekarno Hatta dengan "tarif lebih terjangkau" pada 1--16 April 2021.

Selama masa uji coba, tarif yang dikenakan mulai dari Rp5 ribu. Namun, selepas 16 April 2021, pihaknya kembali hanya melayani KAI Bandara Executive, di mana banyak warganet justru meminta kembali hadirnya layanan KAI Bandara Premium. Setelah itu, penghentian sementara pengoperasian kereta bandara Soetta dan Kualanamu kembali terjadi pada 21-31 Juli 2021. Penghentian ini ternyata terus berlanjut sampai 31 Agustus 2021.

4 dari 5 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: