Sukses

Petembak China Menang Emas Olimpiade Tokyo 2020, Penjual Jepit Rambut Kecipratan Rezeki

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada sisi menarik yang bisa diulik dari penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Salah satunya rezeki tak terduga yang diterima sejumlah penjual jepit rambut. Kok bisa?

Jepit rambut itu rupanya dipakai Yang Qian, petembak asal China yang berhasil memenangkan dua medali emas dari cabang tembak. Raihannya itu sekaligus membuat negeri Tirai Bambu mendapat emas pertama di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Saat berlaga, atlet berusia 21 tahun itu selalu menggunakan jepit rambut berbentuk bebek kuning. Kepada media China, ia mengaku aksesori rambutnya sebagai jimat keberuntungannya.

"Segera setelah Yang Qian memenangkan medali emas pertama, kami meluncurkan laman marketing dengan poster berisi gambarnya dan kalimat 'merayakan Yang Qian memenangkan kejuaraan'. Kami juga menurunkan harga sedikit sementara waktu," kata Hu Jungang, pemilik toko online yang menjual jepit rambut itu, kepada saluran televisi CCTV, dikutip dari SCMP, Jumat, 30 Juli 2021.

Hu mengaku sejam setelah laman itu diluncurkan, ribuan jepit rambut kuning berbentuk bebek terjual habis. "Lebih dari 10.000 buah terjual dalam setengah hari," dia menambahkan.

Hu bisa dibilang jeli memanfaatkan kesempatan. Sebelum dipakai Yang hingga memenangkan emas di Olimpiade Tokyo, jepit rambut itu bisa dibilang tak laku. Padahal, produk itu sudah tersedia di pasaran sejak tiga tahun lalu.

"Dulu, aku hanya bisa menjual sampai 100 jepit sehari. Sekarang, penjualan harian melewati 10ribu," kata Mao Xuxia, seorang pengusaha di Yiwu International Trade Market, Yiwu, Zhejiang, kepada Qianjiang Evening News.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Harga satu jepit rambut itu sekitar tiga yuan atau sekitar Rp6.700. Bulan lalu, Chen Gengping, penjual aksesori lainnya, hanya bisa menjual 800 buah, kontras dengan saat ini yang penjualan hariannya mencapai 25ribu buh.

"Aku tak pernah melihat fenomena seperti ini sebelumnya. Aku bisa katakan aku kecipratan rezeki dari sesuatu yang berkaitan dengan Yang Qian," kata Chen.

Pencarian daring untuk jepit rambut bergaya mirip Yang Qian juga meningkat 420 persen di laman belanja Taobao. Sementara, pencarian ikat kepala berbentuk wortel yang dikenakan Yang di Olimpiade juga menembus 210 persen.

"Tolong kirim jepit rambut dan bando kepadaku secepat mungkin," tulis seorang pembeli di platform tersebut. " Aku butuh keberuntungan. Aku ingin mendekatkan jarakku dengan juara Olimpiade."

"Aku sudah membeli produk yang sama dengan yang dipakai anakku. Dia sangat senang," komentar konsumen lainnya.

3 dari 4 halaman

Olimpiade Tokyo 2020

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: