Sukses

Cara Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Di era pandemi, semua orang berisiko terinfeksi Covid-19. Tentu, semua orang tak berharap itu sehingga kita selalu diimbau dan diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan vaksinasi.

"Tapi, ada hal penting yang harus kita ingat bahwa kita harus menjaga diri kita dengan cara menjaga daya tahan dan imunitas tubuh kita akan terlindungi dari berbagai macam penyakit dan juga infeksi," dokter Spesialis Penyakit Dalam Tities Anggraeni Indra, Sp.PD dalam acara peluncuran hemaviton Action Total Care IMUNUP secara daring, Kamis, 22 Juli 2021.

Masyarakat harus menerapkan gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh dan imun tetap baik. Tities menyebutkan antara lain, mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan rutin olahraga, dan menambah konsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi Covid-19.

"Vitamin itu ditujukan untuk dua hal, untuk pencegahan bagi mereka yang sehat. Tapi bisa juga untuk dijadikan tambahan suplemen dalam tata laksana pasien-pasien yang sudah sakit atau terinfeksi," imbuh dr. Tities.

Untuk vitamin, lanjut dr. Tities, ada beberapa yang direkomendasikan untuk dikonsumsi pada masa pandemi Covid-19, seperti vitamin C, D, mineral, dan zinc. Di dalam tata laksana Covid-19, baik klasifikasi ringan, sedang, maupun berat disarankan untuk menambah konsumsi vitamin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin C

Sumber vitamin C alami dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna, seperti jeruk, melon, anggur, atau sawi. Manfaat vitamin C itu bersifat antioksidan yang berperan menurunkan reaksi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

"Vitamin C juga dapat memengaruhi imunitas seluler di mana vitamin tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imun seseorang, memperbaiki integritas pembuluh darah, dan sebagai covector berbagai reaksi enzimatik yang terjadi di dalam tubuh, membantu penyerapan bersih dari makanan, meningkatkan produksi kolagen. Yang juga penting adalah vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak," papar dr. Tities.

Dosis vitamin C yang dibutuhkan itu kurang lebih sekitar 500 sampai dengan 1500 miligram per hari untuk orang dewasa. "Pemberian vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang membantu meredakan proses imflamasi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pasien bisa lebih cepat pulih," terangnya.

3 dari 4 halaman

Menjaga Imunitas Tubuh

Sementara itu, berdasarkan survei yang dilakukan Hemaviton menyebutkan, di masa pandemi saat ini banyak responden mengungkapkan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Survei tersebut dilakukan dengan menggunakan media sosial Hemaviton yang memiliki ribuan pengikut.

"Sebanyak 83 persen responden menyadari pentingnya menjaga imun tubuh. Sementara 75 persen responden mengatakan masih terus aktif, meski di masa pandemi," ungkap Senio Head of Brand Communication and Content Strategy Hemaviton, Diana Theodora.

Hal senada juga diungkapkan Brand Ambassador Hemaviton Total Care IMUNUP, Chicco Jerikho. Bagi dia, di masa pandemi ini selalu dituntut untuk terus aktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

"Agar kondisi tubuh selalu prima, selain mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, dukungan multivitamin yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap juga sangat penting," tegas Chicco.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19