Sukses

Cara Melindungi Kesehatan Mental Akibat Larangan Perjalanan

Banyak orang yang merasa stres akibat larangan perjalanan karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang yang merasa tegang, terutama tentang pembatasan perjalanan, salah satunya dialami Cat Rust dan suaminya, Stefan. Pada Maret 2021, keluarga tersebut terjebak dalam cluster Ursus Covid-19 yang terhubung dengan gym Hong Kong dan dikirim ke rumah sakit yang berbeda.

Putri pasangan itu yang berusia 16 tahun, anak bungsu mereka, tidak dinyatakan positif dan dikirim ke Pusat Karantina Penny's Bay di Pulau Lantau di Hong Kong sendirian. Dia sekarang berada di Inggris dan menjalani karantina selama tiga minggu. Sebelum penerbangan dari negara itu dilarang, dia enggan kembali.

“Ini adalah aturan yang meskipun sangat logis dari sudut pandang pemerintah, sangat menyedihkan dari sudut pandang keluarga. Hal yang paling membuat stres adalah Anda merasa tidak mengendalikan keluarga Anda,” kata Cat Rüst, yang pekerjaannya di fintech membuatnya terikat erat dengan Hong Kong saat ini.

Saat kita memasuki musim panas kedua pandemi, banyak klien dengan tanda-tanda stres dan kelelahan dan lebih banyak gejala depresi yang muncul, kata psikolog klinis Sharmeen Shroff. Larangan penerbangan dari Inggris ke Hong Kong membuat mereka yang sudah berada di negara itu berebut untuk mengamankan rute pulang melalui negara ketiga, atau terpaksa membatalkan rencana untuk bertemu orang-orang terkasih.

“Ada banyak kekhawatiran seputar anggota keluarga yang menua dan ketakutan yang signifikan di antara klien yang saya temui dan orang-orang yang saya kenal bahwa kami mungkin tidak dapat melihat keluarga lagi, terutama di negara-negara di mana Covid-19 sangat buruk saat ini,” kata Shrof.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lima Tips Menjaga Kesehatan Mental

1. Biarkan diri Anda merasakan apa pun yang Anda rasakan. Bicaralah dengan teman dan keluarga atau profesional kesehatan mental dan bagikan kekhawatiran atau rasa kehilangan Anda, karena kemungkinan Anda bukan satu-satunya yang merasakan hal ini.

2. Tetap terhubung dengan orang lain, karena dukungan sosial dapat berdampak positif.  Jika Anda jauh dari keluarga, terhubunglah dengan mereka media sosial dan pertahankan koneksinya.

3. Beristirahat. Anda mungkin terpaksa membatalkan perjalanan yang direncanakan, tetapi itu tidak berarti Anda harus meninggalkan ide untuk berlibur. “Beberapa hari tidak membantu, ini seperti akhir pekan. Jadwalkan cuti seminggu dan luangkan waktu itu. Istirahat itu penting untuk menghilangkan kelelahan dan stres,” kata Shroff.

 

3 dari 4 halaman

4.Perawatan Diri

4. Terlibat dalam perawatan diri. Berusahalah untuk melakukan hal-hal yang akan membuat Anda merasa baik, makan dengan baik, dan berolahraga.

“Perawatan diri tidak harus berupa aktivitas fisik yang membuat Anda relaks. Anda mungkin menemukan kesenangan dalam menulis jurnal, perhatian penuh atau mandi yang lama. Lakukan hal-hal yang mengingatkan Anda akan rasa bahagia dalam diri Anda,” katanya.

5. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan jalani hari demi hari. “Rayakan kemenangan kecil – mungkin saya tidak berhasil ke gym tiga kali, tetapi saya berhasil sekali’. Kasihanilah dirimu sendiri,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tingkatan Gejala Covid-19 dan Prosedur Perawatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.