Sukses

Taman Margasatwa Ragunan Tutup Saat Libur Sekolah, Bagaimana dengan Destinasi Wisata Lain di Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan mengumumkan penutupan bertepatan dengan ulang tahun Jakarta ke-494, Selasa, 22 Juni 2021. Pengumuman tersebut juga hampir bertepatan dengan libur sekolah yang akan dimulai akhir pekan ini di tengah meningkatnya kasus Covid-19.

"RAGUNAN ZOO TUTUP! Mohon maaf ditutup sementara untuk Penguatan Implementasi PPKM Mikro dan Percepatan Vaksinasi," tulis akun @ragunanzoo. Penutupan tersebut dilakukan sampai batas waktu yang akan diinformasikan kembali.

Akun tersebut juga meminta masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, mengingatkan sesama, dan saling menjaga. "Batasi aktivitas keluar rumah untuk keperluan esensial, ya!"

Dalam unggahan tersebut, pihak Taman Margasatwa Ragunan juga menandai @aniesbaswedan @dkijakarta @tamanhutandki @disparekrafdki.

Sejauh ini, meski Taman Margasatwa Ragunan mengumumkan penutupan sementara, sejumlah destinasi wisata lain di Jakarta belum mengumumkan penutupan. Sebelumnya, saat kasus Covid-19 dinyatakan meningkat, sejumlah destinasi di Jakarta mengumumkan penutupan sementara. Berikut beberapa catatannya.

2 dari 5 halaman

2. Ancol

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol sempat menghentikan sementara operasional kawasan wisata tersebut pada 15--17 Mei 2021. Hal tersebut untuk menghindari kerumunan massa setelah dikunjungi puluhan ribu wisatawan.

3. TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga sempat tutup menyusul surat edaran Pemerintah Provinsi DKI. Penutupan tersebut dilaukan pada 16--17 Mei 2021.

4. Monas

Salah satu destinasi yang tutup selama pandemi adalah Monumen Nasional (Monas). Hal tersebut tertulis dalam akun Instagram @monumen.nasional. "MONAS TUTUP SELAMA PANDEMI".

5. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta juga sempat tutup selama 16--17 Mei 2021.

3 dari 5 halaman

6. Kawasan Kota Tua

Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta Barat sempat tutup selama libur Lebaran pada Mei 2021.

7. Pulau Kelor

Pulau Kelor di Kepulauan Seribu juga ikut tutup sementara pada 16--17 Mei 2021 lalu. Alasan penutupan tersebut sama dengan yang lain untuk menghindari penyebaran corona Covid-19.

 

4 dari 5 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: