Sukses

Keunggulan Rotan, Material Furnitur yang Berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta - Furnitur menjadi salah satu aspek yang dapat mempercantik ruangan dalam hunian. Model hingga material perabot rumah tangga ini pun beragam pilihan, termasuk yang terbuat dari rotan.

Bukan tanpa alasan pula hingga akhirnya produsen furnitur dan dekorasi rumah yang menggunakan rotan dalam produknya, salah satu di antaranya adalah Vivere. Lantas apa faktor yang menjadikan rotan sebagai material pilihan?

Retail and Project Sales and Manager Vivere Group Doni Tan menyampaikan, 80 persen dari populasi rotan di dunia berasal dari Indonesia. Sebagian besar rotan dari hutan di Tanah Air, seperti Sumatera, Jawa, Borneo, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

"Rotan ini merupakan material yang cepat dipanen sehingga menjaga kelestarian," kata Doni dalam Webinar Mayantara JAK.ID 2021 "Local Products: Rattan, Design, and Trends" pada Kamis, 17 Juni 2021.

Selain itu, rotan juga ramah lingkungan dan material yang berkelanjutan. Rotan dapat tumbuh di berbagai lingkungan tanpa merusak ekosistem.

Rotan juga bahan yang fleksibel dan kuat, lebih tahan terhadap serangga daripada kebanyakan spesies kayu. Tentunya, penggunaan rotan turut mendukung petani dan penenun lokal.

2 dari 5 halaman

Rotan Manau

"Dari sekian banyak spesies rotan, Vivere memilih menggunakan rotan manau. Rotan ini jenis spesies yang berdiameter besar," ungkap Doni.

Serat rotan manau juga dikatakan Doni berserat kuat dan lebih tahan serangga. "Tentunya kelebihan rotan ini membuat produk furnitur kami lebih kokoh secara struktur," ungkap Doni.

Selain menggunakan natural rotan, dikatakan Doni, Vivere juga menyediakan produk berbahan synthetic rattan. Bukan tanpa alasan, material ini disebutnya sangat kuat ditambah ada beragam piliha warna.

3 dari 5 halaman

Komitmen Berkelanjutan

"Sangat mudah perawatannya dan penggunaan dapat diaplikasikan di berbagai macam instalasi-instalasi arsitektur," tambah Doni.

Di sisi lain, Doni menyampaikan bahwa Vivere berkomitmen untuk terus menggunakan produk lokal sebagai material unggulan di produk furnitur. Upaya tersebut juga bakal diwujudkan dengan sebuah semangat berkelanjutan.

"Saat ini kami berupaya membangun satu komunitas yang end to end untuk menghasilkan bahan baku rotan yang berkualitas. Jadi, dari sisi supply bahan baku terus ada continuity," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: