Sukses

Sederet Kunci Sukses Jadi Konten Kreator

Liputan6.com, Jakarta - Potensi berkarya di platform digital beberapa waktu belakangan kian dilirik oleh berbagai kalangan. Para konten kreator memanfaatkan wadah digital ini berbagi konten hiburan, gaya hidup, hingga edukatif.

Namun, untuk terjun menjadi konten kreator, ada beberapa poin yang wajib untuk diketahui. Head of Partnership & Development StarHits, Multi-Channel Network, Joeden menyampaikan, kunci sukses untuk turut berkecimpung dan mendalami sisi sebagai seorang konten kreator.

"Konsistensi untuk built up sesuatu yang tidak pindah-pindah. Menurut aku, memulai membangun personal branding itu dalah salah satu faktor yang penting," kata Joeden dalam bincang virtual "TikTok sebagai Platform untuk Berkarir Secara Profesional bagi Kreator", Kamis (17/6/2021).

Joeden melanjutkan, kreator yang sukses itu dapat menjadi terkenal dan bertahan lama adalah kreator yang bukan ikut tren saja, tapi juga membangun personal branding. Mereka juga setidaknya mampu membangun fanbase sehingga konten yang dipublikasi nantinya akan mendapat audiens dan views.

Dikatakan Joeden, kreator saat ini tidak membutuhkan bujet yang terlalu tinggi, namun tetap dapat memproduksi konten secara maksimal. Selain konsistensi dan personal branding, kolaborasi juga disampaikan jadi poin yang perlu jadi perharian.

"Juga kolaborasi dan networking dengan kreator lain. Misalnya saat ini itu penting juga tidak selalu sendirian (produksi konten), tetapi butuh membangun fanbase dari kreator lain yang punya fanbase berbeda," lanjutnya soal konten kreator.

2 dari 5 halaman

Pentingnya Karakter

Head of Operations, TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra menyebut, karakter bagi seorang kreator itu penting untuk personal branding. Karakter inilah yang menjadi pembeda kreator satu dan lainnya.

"Follow the trend iya, tapi tidak harus ikut semua yang lagi viral. Misal ada satu lagi lagi hits, tidak harus joget pakai lagu itu, tapi bisa jadi backsound (konten) masak itu sudah cukup," jelas Angga dalam kesempatan yang sama.

Angga melanjutkan, alogaritma akan memberi terpaan ke suatu yang sedang tren. "Ketika satu lagu lagi hype, tidak perlu fokus ke sana tapi dengan melengkapinya dengan karakter (yang dimiliki), terlepas dari kolaborasi," tambahnya.

Selain itu, di TikTok sendiri, kreator dapat mengeksplorasi beragam feature yang tersedia. "Ada TikTok Live, sekarang talenta-talenta yang hobi live performance dan video, ada opportunity yang masuk," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Pengembangan Kreator oleh TikTok

Pengembangan potensi kreator menjadi salah satu fokus program TikTok #SamaSamaBelajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan dan akses yang sama kepada setiap orang untuk belajar dan menginspirasi hal-hal baru.Upaya pengembangan potensi bagi kreator ini diwujudkan dalam bentuk TikTok Class, sebuah pelatihan bagi siapapun yang ingin membuat konten kreatif dan edukatif di TikTok.

TikTok juga mengadakan TikTok University Week yang bakal digelar segera di delapan kota di Indonesia. Langkah ini guna menumbuhkan semangat berbagi konten yang inspiratif dan juga berkualitas pada generasi muda.

Nantinya, TikTok akan menghadirkan top kreator edukasi TikTok sebagai salah satu pembicara untuk saling berbagi inspirasi dan tips dalam membuat konten edukasi yang menarik dan kreatif. Terkait hal ini, Angga berharap program pelatihan TikTok Class dan TikTok University Week yang ditujukan untuk kreator ini dapat bermanfaat bagi kreator yang ingin meningkatkan skill dan menjadi kreator profesional.

4 dari 5 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: