Sukses

Aktivis Kemanusiaan Indonesia Makan Kambing Panggang Bareng Warga Gaza, Dibeli dari Gaji YouTube

Kambing panggang yang dibawanya itu dimakan bersama warga Gaza di atas reruntuhan puing rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Abdillah Onim, aktivis kemanusiaan asal Maluku, Indonesia, telah begitu sering dikaitkan dengan ragam kegiatan solidaritas terhadap Palestina, tak terkecuali warga Gaza. Di tengah carut marut kota karena agresi militer Israel bulan lalu, pria yang juga akrab disapa Bang Onim ini berbagi sedikit kebahagiaan dengan sebagian kecil penduduk setempat.

Dalam video di kanal YouTube, Abdillah Onim Daily, yang diunggah Selasa, 1 Juni 2021, tampak ia membawa hidangan berupa kambing panggang untuk disantap bersama beberapa warga. Dikatakannya bahwa sajian tersebut dibeli dari pendapatan kanal YouTube-nya.

"Makanan dari subscirber-nya YouTube, Abdillah Onim Daily, untuk saudara-saudraa kita di Gaza, yang rumahnya sudah hancur akibat diterpa rudal," katanya, sembari mengajak untuk subscribe kanalnya supaya "warga Palestina menerima manfaat."

"(Dengan subscribe) berkahnya untuk warga Indonesia," imbuhnya. Tampak di sana bahwa daging kambing panggang itu disajikan dalam dua loyang besar bersama nasi mandhi, juga dilengkapi beberapa potong lemon.

Onim menyambung bahwa dari gaji YouTube-nya, ia menyembelih satu ekor domba yang kemudian dimasak dan diantar langsung untuk dinikmati warga Gaza. "Hanya sekadar apresiasi dan memotivasi mereka (warga Gaza) tentunya," tutur Onim.

Video itu juga memperlihatkan kondisi salah satu rumah warga Gaza yang sebagian besar dindingnya telah ambruk. Puing-puing sisa bangunan masih tergeletak di sana-sini, sementara hanya ada beberapa perabot yang tersisa, termasuk sebuah meja dan kursi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Masyarakat Indonesia Membantu

Kehadiran dua loyang hidangan kambing panggang itu sempat disambut dengan tepuk tangan dari beberapa bocah yang sudah duduk menanti makanan tersebut. Terdengar bahwa salah satu perempuan di sana mengucapkan terima kasih.

Sambil berbincang, mereka tampak menikmati sajian tersebut. Akhirnya beberapa orang lain ikut bergabung untuk menikmati makanan tersebut dengan sesekali melambai ke arah kamera.

Disebutkan Onim bahwa lokasi tersebut berada di Gaza bagian utara. "Saat ini, teman-teman Indonesia, masyarakat di Gaza membutuhkan doa dan dukungan, terutama bantuan obat-obatan dan makanan, dari seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Di akun Instagram-nya, Onim memang menyertakan tautan ke situs pengumpulan donasi untuk membantu warga Gaza pascaagresi militer Israel. Hingga Kamis malam, 3 Juni 2021, dana yang terkumpul telah mencapai Rp310 juta dari target Rp500 juta.

3 dari 3 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel-Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.