Sukses

Terobosan Konsep Kabin Pesawat Bertingkat, Apa Saja Kelebihannya?

Inovasi konsep kabin pesawat ini cenderung fokus membuat perjalanan udara di kelas ekonomi menjadi lebih nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Alejandro Núñez Vicente, mahasiswa 21 tahun asal Spanyol, yang mempublikasikan desain kabin pesawat bertingkat guna "menambah pengalaman menyenangkan saat terbang." Ini terungkap dalam ajang Crystal Cabin Awards, melansir CNN, Senin, 31 Mei 2021.

Tahun ini, acara penghargaan itu telah mengurangi delapan kategori mereka menjadi hanya dua penghargaan utama. Pihaknya mendorong inovasi kursi penumpang pesawat yang lebih ekonomis dan multi-level.

Salah satu konsep paling menarik dalam daftar pilihan juri adalah kabin kursi dua tingkat. Dalam setiap baris, terjadi peningkatan jarak beberapa meter antara lantai dengan kursi penumpang. Inisiatornya, Vicente, kuliah di Universitas TU Delft Universitas, Belanda, yang terinspirasi dari pengalaman bepergian melintasi Eropa.

Vicente menganggap desain ini akan bekerja efektif di pesawat tipe Flying-V, yang saat ini sedang dikembangkan di TU Delft. Tapi, ia juga menuturkan bahwa desain tersebut bisa diterapkan pada pesawat tipe Boeng 747, Airbus A330, atau jenis pesawat menengah hingga besar lain.

"Penumpang di baris kursi bawah akan memiliki pengalaman bersantai di sofa dengan meregangkan kaki, sedangkan bagian atas memberi pengalaman SUV, sehingga memungkinkan untuk menyilang kaki karena ruangnya lebih luas secara keseluruhan," kata Vicente.

Kursi bertingkat bukan satu-satunya desain yang menawarkan konfigurasi tempat duduk. Dalam daftar pilihan lain, terdapat konsep "Cloud Capsule" oleh Toyota Boshuka. Mereka membayangkan area di atas kursi kelas ekonomi sebagai ruang tambahan bagi penumpang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sederet Inovasi Lain

Menurut sebuah pernyataan dari perusahaan Jepang, desain kursi kabin pesawat harus "membuat perjalanan kelas ekonomi lebih aman, lebih menyenangkan, dan lebih nyaman, sekaligus menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi maskapai.”

Dalam ide konsep "Cloud Capsule," penumpang dapat membeli tiket kursi ekonomi reguler dengan tambahan akses ke ruang di atas kursi. Itu disebut sebagai "ruang serbaguna sebagaimana di kursi kelas bisnis," dan bisa memiliki pengaturan pemanas, serta pendingin sendiri.

Sementara itu, kategori perjalanan udara yang bersih dan aman dalam ajang tersebut mengakui desain, termasuk Tongkat Disinfeksi UV dari Boeing. Mereka telah bekerja sama dengan maskapai, seperti Etihad Airways, yang menampilkan konsep tersebut untuk membersihkan kabin pesawat.

Lukas Kaestner, Perwakilan Crystal Cabin Awards, mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir, badan penghargaan tersebut telah melihat banyak desain kursi ekonomis yang inovatif. Pemenangnya nanti akan diumukan dalam Aircarft Interiors Expo pada September 2021. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.