Sukses

Upaya Menparekraf Sandiaga Uno agar Taman Tebing Breksi Kembali Jadi Destinasi Favorit

Pandemi corona Covid-19 membuat jumlah kunjungan wisatawan menurun ke Taman Tebing Breksi di Yogya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Taman Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta bisa menjadi destinasi favorit. Untuk itu perlu penyampaian narasi yang otentik atau disebut storynomics sebagi bentuk penguatan atraksi dan daya tarik untuk wisatawan.

“Karena destinasi eks tambang itu juga menjadi favorit di beberapa belahan dunia. Jadi, kita ingin Taman Tebing Breksi ini bisa memperlihatkan otentisitas atau keaslian apa yang Tebing Breksi punya, yang bisa kita kemas dan kita jadikan konten. Terutama narasi yang berkaitan dengan story telling. Sehingga hal ini dapat memperkuat daya tarik wisata Tebing Breksi itu sendiri,” kata Sandiaga saat berkunjung ke Taman Tebing Breksi, Kamis, 20 Mei 2021.

Sandiaga menuturkan, Taman Tebing Breksi ini dikembangkan pada 2015 yang melakukan reposisi dan transformasi. Dari sebuah kawasan tambang yang merupakan industri ekstraktif menjadi kawasan pariwisata.

Berdasarkan data yang diterima Sandiaga, ternyata pendapatan asli daerah (PAD) yang disumbangkan dari kawasan Tebing Breksi lebih banyak ketika sudah menjadi kawasan pariwisata, dari pada saat masih kawasan tambang.

"Berarti kalau kita mengelola sebuah destinasi dengan pendekatan alam dan budaya, yang berdasarkan pariwisata berkelanjutan, ternyata bisa menghadirkan kesejahteraan masyarakat," imbuh Sandiaga.

Sandi juga mendapatkan data di Kecamatan Prambanan, sejak pariwisata ditingkatkan, kemiskinan berkurang dari 16 persen menjadi 11 persen. Dengan kondisi itu, ia kian yakin bahwa pariwisata adalah faktor yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Wisatawan Menurun

Kata Sandi, kuncinya meningkatkan keterampilan dan harus terus berinovasi agar menghasilkan ide dan gagasan yang terbarukan. Seperti ide mengenai the light and sound show, atau mungkin virtual reality (VR), atau 3D yang bisa dikembangkan ke depan.

"Mudah-mudahan dengan kunjungan kami ke sini Insya Allah destinasi wisata Tebing Breksi ini akan kembali menjadi favorit dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengunkapkan, masa pandemi COVID-19 ini kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi menurun signifikan. Ia berharap masyarakat Indonesia bisa datang ke Tebing Breksi untuk menikmati keindahan alam yang ada.

"Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi bisa sampai 5.000 sampai 10.000 per hari, sekarang kurang lebih 500 per hari," kata dia.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.