Sukses

5 Cara Asyik Isi Libur Lebaran Tanpa Mudik versi Zaskia Adya Mecca

Meski tidak bisa mudik di momen libur lebaran ini ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Sontek tips dari Zaskya Adya Mecca berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari. Di antara sederetan orang yang memaksa mudik, mungkin Anda termasuk yang patuh dengan imbauan pemerintah agar bersilaturahmi dengan keluarga besar secara virtual. Begitu pula dengan Zaskia Adya Mecca.

Sejumlah kegiatan dilakukan bersama seluruh anggota keluarga agar momen Lebaran tetap berkesan. "Agar anak-anak juga semakin semangat menyambut lebaran meskipun kali ini tidak berkumpul dengan keluarga besar, kami membuat kartu ucapan dan membungkus hampers bersama untuk dikirimkan ke sanak keluarga dan kerabat," kata Zaskia dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Lazada, beberapa hari lalu.

Selain agenda tersebut, ibu enam anak itu juga membagikan sederet hal lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kerinduan pada mudik di momen lebaran. Simak detailnya berikut ini ya!

1. Bermain board game

Bermain board game seperti monopoli, scrabble, dan jenga jadi pilihan paling mudah tetapi menyenangkan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Selain dapat dijadikan sebagai media belajar yang menyenangkan, bermain board game juga bermanfaat untuk mengasah fokus serta strategi si kecil sejak dini. Selain itu, dengan melibatkan anak untuk bermain board game, orangtua dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi secara sehat.

"Menumbuhkan jiwa kompetisi pada anak menjadi suatu hal yang penting,karena anak akan belajar bagaimana bekerja keras, sportif, belajar ketangkasan,megembangkan rasa percaya diri dan inovatif sehingga anak akan tumbuh berkembang dengan optimal dari aspek kognitif, sosial dan emosional," tutur Irma Gustiana, psikolog anak dan keluarga.

2. Karaoke di rumah

Musik dan lagu sudah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan. Tua, muda, suara sumbang atau suara merdu, punya hak untuk menyalurkan emosi mereka lewat lagu. Nah, karaoke bersama bisa jadi alternatif kegiatan mengisi libur lebaran di rumah.

Di luar bersenang-senang, Irma mengungkapkan karaoke di rumah juga bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan minat anak terkait dengan bidang seni musik dan olah vokal, mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan bahasa, mengasah koordinasi motorik jika dilakukan dengan gerakan. Tambahan lagi, lewat karaoke bersama, hubungan orangtua dan anak bisa lebih hangat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berkemah di rumah

Jangan buru-buru menolak bila anak ingin dibangunkan tenda agar bisa kemping. Kegiatan ini tetap bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga di dalam rumah selama libur lebaran. Anda bisa memanfaatkan area lowong untuk mendirikan tenda kecil di halaman atau pekarangan belakang atau menggeser sementara perabot yang bisa dipindahkan di dalam rumah.

Menurut Irma, aktivitas ini dapat melatih kemandirian anak, mempererat hubungan antara anak dan orangtua, mengembangkan kemampuan untuk berkreasi dan mengasah keluwesan koordinasi motorik visual anak. Untuk membuat kegiatan berkemah menjadi lebih seru, orangtua bisa melibatkan anak dalam menentukan lokasi. Ajak juga si kecil untuk menyusun agenda serta menyiapkan peralatan seperti tenda, buku cerita, dan berbagai camilan.

4. Membuat vlog/film pendek

Salah satu aktivitas menarik yang dapat dilakukan selanjutnya untuk mengisi libur lebaran di rumah adalah membuat vlog atau film pendek. Keluarga Zaskia Adya Mecca termasuk melakoninya. Kebiasaan itu berawal dari hobi keluarganya untuk menonton film, terbesit ide untuk membuat film yang diproduksi dan diperankan oleh keluarga mereka sendiri.

Dimulai dari diskusi untuk persiapan, Zaskia menyebut setiap anggota keluarganya terlibat dan memiliki peran masing-masing. Ada yang berperan sebagai kameramen, ada yang menjadi pemeran utama, sampai mengurus properti. Momen yang paling menyenangkan adalah ketika film telah selesai diproduksi, satu keluarga berkumpul di ruang tv untuk menyaksikan hasil film yang telah mereka produksi bersama. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat menyenangkan untuk dilakukan dan tentunya menambah kekompakan keluarga mereka.

5. Nonton bareng

Biasanya lebaran akan lekat dengan nonton bareng, entah itu di televisi atau di bioskop. Nah, Anda bisa membuat suasana bak bioskop di rumah agar momen nonton bareng keluarga jadi lebih berkesan dari biasanya. Pilih film keluarga favorit, lalu set up proyektor dan sound system untuk pengalaman nonton yang menyenangkan.

Untuk menambah keseruan, Anda bisa siapkan semangkuk popcorn untuk jadi camilan keluarga. Movie time juga bermanfaat bagi anak dan keluarga, karena selain mendekatkan seluruh anggota keluarga, anak juga bisa mengembangkan wawasan berpikir dan kemampuan analisisnya serta sebagai sarana relaksasi dari tekanan atau stres.

3 dari 3 halaman

Tren Hantaran Lebaran Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.