Sukses

Alami Gangguan Kecemasan Sejak Kecil, Kendall Jenner Sampai Pernah Merasa Sekarat

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang pernah mengalami gangguan kecemasan pada dirinya. Salah satunya adalah Kendall Jenner. Ia mengaku pernah mengalami rasa cemas yang merupakan efek dari popularitasnya sejak kecil.

Hal itu terungkap melalui video obrolan dengan psikolog Ramani Durvasula untuk Vogue's "Seri Open Minded" yang dikutip dari USA Today, Kamis, 6 Mei 2021. Menurut Kendall Jenner, bekerja berlebihan dan berada dalam situasi saat ini adalah kondisi yang berada di luar kendalinya.

Hal itu ternyata mempengaruhi kesehatan mentalnya. Bintang 'Keeping Up with the Kardashians' (KUWTK) itu mengatakan bahwa dia mengalami gejala gangguan kecemasan yang terasa fisik. Dia juga mengidap hipokondriak, yang merupakan gangguan yang membuat seseorang merasa memiliki penyakit tertentu.

"Saya ingat saat masih kecil, saya akan menghitung sampai 10, mengalami sesak napas lalu mendatangi ibu saya dan mengatakan kepadanya tentang hal itu," terang model dan pengusaha berusia 25 tahun itu.

Dia juga pernah merasa sekarat dan ingin dilarikan ke rumah sakit. Kendall Jenner mengalami gejala tersebut pada waktu-waktu tertentu. Meskipun ia mengaku beruntung, menjadi kaya dan terkenal, itu tidak menghentikan gangguan mental yang menimpanya.

"Saya tidak akan pernah duduk di sini dan mengatakan kalau saya tidak beruntung. Saya memang menjalani gaya hidup yang sangat istimewa dan luar biasa. Saya gadis yang sangat diberkati, tapi ingat saya masih manusia biasa," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Senang Punya Waktu Sendiri

Sementara itu, Durvasula mengatakan setiap orang mengalami beberapa bentuk gangguan kecemasan terutama mental. Ia menjelaskan ada orang yang mengalami gangguan dalam bentuk ringan dan berat hingga mempengaruhi pekerjaan.

Selain itu, Kendall Jenner juga membahas gangguan kecemasan sosialnya tentang keluar dari kesendirian akibat pandemi Covid-19. Kendall mengaku senang memiliki waktu sendiri selama karantina di rumah selama setahun belakangan ini. Pasalnya, selama ini dia benar-benar kewalahan, benar-benar terlalu banyak bekerja, selalu berada di sekitar orang.

Sekarang, dia justru mengaku khawatir tentang pembatasan COVID-19 yang dicabut. Alasannya, dia bisa kembali lebih banyak berada di luar rumah padahal keramaian seringkali membuat dirinya cemas. 

Di akhir video, Kendall Jenner berterima kasih kepada Durvasula dan mengatakan ia telah belajar banyak tentang gangguan kecemasan dan bagaimana cara mengatasi dan menghadapinya.  (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.