Sukses

Rumah-Rumah di Italia Dijual Seharga Secangkir Kopi, Bagaimana Kondisinya?

Rumah-rumah yang dijual murah di Italia itu berlokasi di kota tua.

Liputan6.com, Jakarta - Ada rumah seharga secangkir kopi? Mungkin Anda tak percaya. Tapi sebuah kota tua di lereng Gunung Etna, tepatnya Castiglione di Sisilia, Italia, membuktikannya. Bulan ini, kota tersebut menawarkan diskon menggiurkan dengan menjual rumah seharga secangkir kopi, yakni senilai satu Euro atau setara Rp17 ribu.

Castiglione merupakan kota yang berada di lereng Gunung Etna, dekat Taormina. Menawarkan suasana alam pantai-pantai pesisir timur yang apik. Di sana Anda bisa menghirup udara segar dan menikmati keindahan negari Italia.

Melansir dari laman CNN, Senin, 26 April 2021, kota itu menjual banyak sekali rumah sekitar 900 rumah telantar. Sekitar setengahnya rusak dan akan diberi harga simbolis satu Euro. Sisanya dalam kondisi lebih baik, dan akan dijual dengan harga murah, 4.000 Euro--5.000 atau sekitar Rp70 juta--Rp87 juta.

Antonino Camarda, Wali Kota Sicilia, meluncurkan proyek ambisius ini untuk menghidupkan desanya. Ia menjelaskan populasinya telah menyusut dari 14.000 pada awal 1900-an menjadi hampir 3.000 orang saat ini.

"Kami memiliki warisan arsitektur besar yang harus diselamatkan dan dikemas dengan sejarah. Seiring waktu, terlalu banyak orang yang pergi, meninggalkan sekumpulan rumah tua yang indah, bahkan banyak berasal dari zaman Renaisans," jelasnya.

Beberapa kota lain ikut menjalankan skema serupa dan telah mengumpulkan banyak rumah seharga kopi. Ada yang berbeda di Sisilia, mereka memberi harga properti sesuai kondisi. Jika ada banyak yang berminat untuk properti yang sama, rumah akan diadakan lelang.

"Kami telah melakukan studi mendalam dengan mengatalogkan setiap properti berdasarkan peta dan data pendaftaran tanah. Berdasarkan kondisinya, bangunan akan dijual dengan harga yang berbeda, mulai satu Euro," kata Camarda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Renovasi

Poyek penjualan rumah dengan harga murah ini diluncurkan pada Maret 2021. Di sana ada 400 properti dalam kondisi yang layak dan hanya sedikit renovasi.

Minat ingin membelinya? Jika Anda pembeli harus mengetahui rencana terperinci tentang jenis rumah yang mereka inginkan. Calon pembeli nantinya akan membuat skema renovasi untuk menyesuaikan permintaan. Sebuah gugus tugas khusus dikerahkan untuk mengawasi proyek tersebut.

"Kami bergerak dalam dua jalur sejajar, menjangkau pemiliki lama yang yang menunjukkan keinginan besar untuk menjual rumah keluarga mereka dan pembeli baru," jelas Camarda.

Pembeli harus merenovasi rumah yang dibelinya dalam kurun waktu tiga tahun. Untuk pajak daerah di Sisilia lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain di Italia. Pembeli juga dapat memanfaatkan “Super Bonus”, yang memberikan kredit pajak sebesar 110 persen untuk merenovasi rumah agar lebih ramah lingkungan.

"Pemilik baru akan dikenakan biaya 100 Euro per tahun, tampaknya jumlah yang lebih adil daripada jaminan deposit," kata Camarda. "Kami telah menerima banyak e-mail dari investor dan orang di seluruh dunia, banyak pilihan di sini," sambungnya. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.