Sukses

Green Ramadan, Tantangan 30 Hari Bergaya Hidup Lebih Hijau dari The Body Shop

Liputan6.com, Jakarta - Semangat di Bulan Ramadan terefleksi lewat aktivitas-aktivitas bermanfaat yang diinisiasi oleh berbagai pihak. Satu di antaranya adalah The Body Shop, yang tahun ini kembali dengan kampanye yang mengusung tajuk "Green Ramadan: Refresh and Reconnect This Ramadan".

CEO The Body Shop Indonesia Aryo Widiwardhono, menyampaikan, di 2021 ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk memulai amal ibadah yang tak hanya bermakna bagi jiwa pribadi dan sesama, tetapi juga baik untuk Bumi dan kelestarian alam.

"Green Ramadan menjadi sebuah langkah nyata The Body Shop Indonesia untuk memulai tujuan baik ini dengan melakukan berbagai aktivitas yang ramah lingkungan, namun tetap disertai dengan semangat yang penuh kreasi dan inovasi," kata Aryo dalam bincang virtual yang digelar Senin (19/4/2021).

Selain itu, dikatakan Aryo, ada pula program donasi ke Sekolah Bisa. Sekolah ini menaungi anak-anak berlatar belakang kurang mampu, termasuk di antaranya anak-anak pemulung di sekitar Bintaro.

"Tidak hanya berkesempatan mengenyam pendidikan formal, tetapi juga bisa jadi green leaders yang nantinya akan menambahkan green curriculum di dalamnya," tambahnya.

PR and Community Manager The Body Shop Indonesia Ratu Ommaya, turut mengungkapkan misi di balik lahirnya tema kampanye tahun ini. Adalah ketika Bulan Ramadan yang lekat dengan pembelian takjil hingga menimbulkan peningkatan sampah selama Ramadan cukup tinggi.

"The Body Shop ingin mengajak semua untuk mulai reconnect dan refresh. Reconnect kalau biasanya Ramadan yang pasti beribadah yang lebih baik, banyak bersedekah, kita menambahkan satu poin lagi terkoneksi dengan lebih baik kepada Allah SWT, sesama dan juga kepada alam, karena kita terhubung satu sama lain di antara ketiganya," ungkap Ratu.

 
2 dari 4 halaman

Tantangan Green Ramadan

Ratu menambahkan, pihaknya juga memiliki Green Ramadan Challenge yang berisi 30 hari inspirasi. Momentum ini diambil bukan hanya soal fakta sampah, namun The Body Shop bertujuan ingin mengubah gaya hidup jadi lebih ramah lingkungan.

"Teman-teman biasanya harus melakukan itu secara continue at least 21 hari, setelah itu akan menjadi habit. Ini juga yang mau kita beri inspirasinya, mudah-mudahan setelah 30 hari ini, setidaknya memulai dari hal-hal yang simpel dan kecil yang bisa dilakukan di rumah," tuturnya.

Tantangan ini telah dilaksanakan mulai 13 April 2021. Dari hari pertama hingga hari ke-30 nanti, ada beragam aksi ramah lingkungan yang menjadi tantangan yang dapat diikuti.

Aksi dari tantangan Green Ramadan ini mulai dari tidak pakai plastik satu hari, memakai sedikit air selama wudu, memulai menanam, upcycling pakaian lama, membawa tempat makan sendiri saat membeli makan, donasi ke Sekolah Bisa, menanam pohon, membuat produk pembersih natural, membawa botol donasi makanan ke anak-anak, memberi hadiah yang sustainable, satu hari tanpa gawai, mendonasikan pakaian untuk amal, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: