Sukses

6 Cara Mudah Membersihkan Sofa Kain dari Debu dan Noda

Liputan6.com, Jakarta - Sofa merupakan salah satu furnitur yang sering digunakan di rumah. Salah satu jenis yang cukup populer adalah sofa kain yang umumnya ditaruh, baik di ruang tamu maupun ruang keluarga.

Penting menjaga sofa tetap bersih dari debu dan kotoran. Apabila tidak, kuman maupun bakteri bersarang di sama. Di samping, lama-kelamaan, sofa Anda juga jadi terlihat kusam.

Selain memanfaatkan jasa bersih-bersih, Anda juga bisa membersihkan sofa sendiri. Berikut beberapa caranya seperti dikutip dari laman Merrymaids, Senin, 12 April 2021.

1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan antara lain penyedot debu, setidaknya tiga kain mikrofiber, cuka putih, air suling, dan sabun khusus. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah untuk air sabun.

2. Membuat air sabun

Siapkan wadah, lalu campurkan dua cangkir air suling bersama satu sendok makan sabun khusus dan satu sendok makan cuka, aduk hingga rata.

3. Awal pembersihan

Jika sofa Anda sangat berdebu, lakukan awal pembersihkan dengan penyedot debu. Baca panduan memakainya supaya tetap aman saat bersih-bersih sofa, dan pastikan menjangkau semua area agar tidak ada debu tertinggal.

 

2 dari 4 halaman

4. Mulai Membersihkan

Setelah debu terakhir, mulai bersihkan sofa dengan campuran yang sudah disiapkan. Caranya, celupkan kain mikrofiber ke dalam wadah, diperas hingga tidak ada air menetes, dan mulai membersihkan seluruh bagian sofa.

5. Menghilangkan noda

Caranya sama seperti sebelumnya, hanya saja tambahkan sabun khusus penghilang noda ke dalam wadah. Setelah itu, mulai seka area bernoda dengan lembut menggukanan kain mikrofiber. Jangan digosok karena dapat merusak serat kain sofa.

6. Bilas dan keringkan

Bilas sofa hingga tidak ada sabun yang tersisa menggunakan air suling, tanpa campuran sabun. Caranya, basahi kain mikrofiber dengan air suling dan tepuk-tepuk ke seluruh area untuk menghilangkan sisa sabun.

Untuk mengeringkannya, gunakan kain mikrofiber kering yang juga ditepuk-tepuk ke seluruh bagian sofa. Apabila ingin lebih cepat, bisa menggunakan kipas angin. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Poin Utama Cegah Klaster Keluarga

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: