Sukses

Cegah Freezer Terlalu Penuh, 7 Hal Ini Perlu Kamu Keluarkan dari Freezer

Liputan6.com, Jakarta Freezer atau lemari pendingin merupakan bagian dari kulkas yang memegang peranan penting untuk menjaga kualitas makanan. Maka dari itu prosedur perawatan dan pembersihan harus dilakukan secara benar.

Atur suhu lemari pendingin pada temperatur -15 derajat Celcius ke bawah dan amati secara rutin menggunakan termometer untuk memastikan suhu tetap stabil. Hindari memasukkan terlalu banyak makanan ke dalamnya, sehingga terlalu padat.

Selain mencegah freezer terlalu padat, kamu juga perlu segera mengeluarkan beberapa makanan atau minuman bila terlihat tanda penurunan kualitas.

1. Es krim yang sudah lama

Es krim merupakan makanan kegemaran yang pasti di simpan di freezer. Seringkali tak dipikirkan sudah bertahan berapa lama di freezer. Namun jika menyisakan beberapa skop dan tersimpan lebih dari tiga atau empat bulan, ini sudah waktunya untuk dihabiskan atau dibuang. Karena bila terlalu disimpan rasa es krim akan berubah dan tidak segar.

2. Daging yang mencair

Daging yang mulai mencari akan menyebabkan bakteri mulai tumbuh. Jika freezer Anda tidak berfungsi pada suhu freezer yang optimal, daging di dalamnya dapat mulai mencair tanpa ada yang tahu, sehingga bisa menjadi tidak aman. 

Sebaliknya, bila kamu mengeluarkan daging dari freezer untuk rencana memasak dan setelah beberapa waktu berubah pikiran maka daging yang mulai mencair dapat dibekukan kembali di freezer. Namun ingat, semakin sering daging dibekukan kembali, daging akan semakin tidak berair dan empuk. Ini akan aman untuk dimasak atau dimakan, tetapi mungkin tidak sedap seperti aslinya.

2 dari 3 halaman

3. Daging yang mengkristal

Jika kamu melihat kristal es kecil di kemasan daging, atau tidak ingat sudah berapa lama daging berada di dalam freezer, sekarang saatnya untuk dibuang. Untuk mencegah daging mengkristal, kamu perlu menutup dengan erat daging sebelum membekukannya dalam freezer.

4. Biji kopi basi

Menyimpan kopi bubuk dan biji kopi di dalam freezer dapat menjaga kesegaran, tetapi perhatikan berapa lama biji kopi tersebut telah tersimpan di sana. Biji kopi menyerap kelembapan, serta berbagai rasa dan bau di sekitarnya, jadi pastikan untuk menggunakannya dalam waktu tiga bulan. Jika lebih dari itu, segera buang.

3 dari 3 halaman

5. Sayuran beku yang telah mengering

Seperti halnya biji kopi, sayuran beku yang terlalu lama tersimpan dalam freezer juga tidak bagus. Dia bisa disimpan selama sekitar tiga bulan atau bahkan lebih pendek tergantung jenis dan cara penyimpanan sayurnya.

6. Makanan yang terlupakan

Sebelum membeli makanan yang harus di simpan di freezer, pastikan tidak ada makanan yang sejenis. Bila menumpuk makanan yang sama, kamu akan cenderung lupa dan lebih memilih makanan yang baru dimasukkan ke freezer. Akhirnya jenis yang sama itu tersimpan cukup lama, melebihi batas waktu yang dianjurkan, yakni tiga bulan dalam freezer.

Solusinya, cobalah biasakan yang masuk pertama adalah keluar pertama, dan pantau makanan di freezer dengan memberinya label tanggal.

7. Sisa makanan yang tidak habis dikonsumsi

Kebiasaan menyimpan sisa makanan ke dalam freezer akan membuat freezer cepat penuh. Bila tidak dibungkus dengan baik, makanan sisa tersebut bisa tidak akan bertahan lama. Maka penting untuk tahu mengemas dengan cara yang benar. Selain itu, bila tidak ingat makanan itu masuk, sebaiknya segera keluarkan dari freezer. 

Selain 7 hal yang perlu kamu keluarkan dan buang, ada juga yang perlu segera kamu ganti seperti es batu yang bau. Es batu dapat menyerap aroma di sekitarnya bila terlalu lama tidak digunakan, bau itu tidak akan pernah bisa hilang dengan sendirinya. Buang itu dan mulailah dari awal. Jika ini adalah masalah yang kerap kamu hadapi, mungkin inilah saat yang tepat untuk membeli es batu dengan tutup untuk membantu menjaga kesegaran es batu dan menjaganya agar tidak berbau. 

 

(*)