Sukses

Teladan Nabi Muhammad Ketika Sahur dan Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Nabi Muhammad punya kebiasaan tertentu yang dilakukan pada waktu sahur dan berbuka puasa selama Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi umat Muslim di dunia akan bersua Ramadan. Dalam pelaksanaan ibadah di Bulan Suci, tentu tak sedikit yang ingin meneladani kebiasaan Nabi Muhammad, termasuk saat sahur dan berbuka puasa.

Dalam Ensiklopedia Pendidikan Islam suntingan Kamarul Azmi Jasmi yang dilansir Kamis (8/4/2021), dari segi bahasa, sahur adalah makan dan minum pada akhir malam. 

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Anas RA, berkata Rasulullah bersabda, "Sahurlah kamu karena (makan) di waktu sahur itu mengandung keberkahan."

Soal menu sahur, Rasulullah disebutkan tidak pernah mengkhususkan makanan tertentu untuk dikonsumsi. Namun, HR. Abu Dawud no. 2.345 mencatat bahwa beliau bersabda, "Sebaik-baiknya makanan sahur seorang mukmin adalah kurma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbuka Puasa

Sementara itu, untuk berbuka puasa Rasulullah selalu menyantap beberapa kurma matang dan basah sebelum salat. Kalau tak ada kurma basah, Nabi Muhammad membatalkan puasa dengan kurma kering. Bila tak ada kurma kering, ia meminum beberapa teguk air, hal itu berdasarkan hadis riwayat Ahmad, Abu Daud, At-Tirmidzi.

Berdasarkan hadis tersebut, para ulama memandang kesunahan berbuka puasa dengan kurma terletak pada sifat manis yang terkandung di dalamnya. Melansir dari Nu.or.id, semisal ada makanan atau minuman yang lebih manis dari kurma, ulama menggunakan fahwal khithab, yakni kias yang tidak disebut dalam Alquran atau hadis.

Namun, jika makanan dan minuman itu setara manisnya dengan kurma, ulama menggunakan lahnul khithab, yakni kias yang tidak disebut dalam Alquran atau hadis yang disebut di nas. Hal itu diungkap Muhammad Ali as-Syaukani dalam kitab Nailul Authar fi Syarhi Muntaqal Akhbar.

3 dari 3 halaman

Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.