Sukses

Benarkah Klaim Produk Makanan dan Minuman yang Baik untuk Kesehatan Usus?

Kesehatan usus, terutama usus besar, dapat memengaruhi cara tubuh memproses gula dalam makanan, mengatur sistem imun, dan melindungi dari bakteri pathogen,

Liputan6.com, Jakarta - Saat belanja ke supermarket, Anda mungkin sering melihat produk makanan maupun minuman yang diklaim baik untuk kesehatan usus. Iklan tentang produk makanan atau minuman yang baik untuk usus juga banyak beredar di mana-mana, tapi seberapa benar sebenarnya klaim tersebut?

Melansir dari laman ABC News, Minggu, 14 Maret 2021, ahli menjelaskan bagaimana kriteria usus yang sehat, juga seberapa ampuh produk kesehatan usus membantu mengatasi masalah pada salah satu organ dalam sistem pencernaan itu.

Usus jadi bagian terpenting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Usus yang dimaksud dalam hal ini adalah usus besar, wilayah saluran pencernaan tempat sebagian besar mikrobioma usus hidup.

Keberadaannya memengaruhi cara tubuh memproses gula dalam makanan, mengatur sistem imun, dan melindungi dari bakteri pathogen. Dalam jurnal Lancet Gastroenterology and Hepatology, para ahli mencatat, tidak ada kesepakatan yang jelas apa sebenarnya arti "kesehatan usus."

Mereka bahkan tidak banyak yang menggunakan istilah tersebut dalam literatur medis. Kendati, di sisi lain, semakin banyak produk makanan dan minuman yang mengklaim baik untuk kesehatan usus. Sebenarnya, klaim semacam itu tidak didukung bukti ilmiah. Jika ada, itu hanyalah sebuah klaim sederhana.

Makanan dan minuman yang mengklaim baik untuk kesehatan usus biasanya kaya akan serat. Namun, ternyata tidak semua serat itu penting dan bermanfaat untuk usus. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi serat dapat memengaruhi usus besar dan menyebabkan masalah inflamasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Semata Fokus pada Produk

Alih-alih hanya berfokus pada produk makanan atau minuman yang mengklaim baik untuk kesehatan usus, publik disarankan untuk meningkatkan pola makanan secara keseluruhan. Anda dapat melakukan diet optimal untuk usus dan memasukkan makanan berserat tinggi dalam menu harian.

Sebuah studi menyebutkan bahwa tidak semua orang yang melakukan diet optimal usus mendapatkan manfaat baik karena kondisi mikrobioma usus setiap orang berbeda.

Prinsip umum gaya hidup sehat juga membawa dampak baik untuk kesehatan usus. Termasuk di dalamnya, yakni menghindari penyalahgunaan zat, seperti rokok, obat resep, dan obat-obatan terlarang, olahraga teratur, jaga kesehatan mental, dan mengelola stres. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

10 Tips Sehat dan Sembuh dari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.