Sukses

Lolos dari Maut, Turis Tak Sadar Pegang Gurita Beracun Saat Liburan di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Aksi seorang wisatawan mancanegara (wisman) memegang seekor gurita kecil di pantai Bali viral di media sosial. Turis yang merupakan pemilik akun TikTok @kaylinmarie21 itu membagikan sejumlah momen saat sedang memegang gurita cincin biru yang ternyata merupakan gurita paling beracun di dunia.

Dilansir dari Fox News, Rabu (24/3/2021), wisman asal Amerika Serikat yang belakangan diketahui bernama Kaylin Phillips ini tak menyadari bahwa gurita yang ia pegang sangat berbahaya, bahkan mematikan.

Saat itu, Phillips sedang menghabiskan liburan dengan berjalan-jalan di salah satu pantai di Bali. Ia kemudian tak sengaja menemukan "gurita menggemaskan" yang dipegang dengan kedua tangannya.

Beruntung, gurita tersebut tidak merasa terancam dan tidak mengeluarkan racun mematikan. Phillips pun melepas kembali gurita tersebut. Namun, betapa kagetnya Phillips begitu tahu gurita yang ia temukan adalah gurita cincin biru.

Gurita ini merupakan gurita paling berbahaya di dunia karena bisa membunuh manusia dalam sekejap dengan racunnya. Seperti dilaporkan The Sun, racun pada gurita tersebut mengandung zat neurotoksin yang menyebabkan terhentinya napas dalam waktu kurang dari satu menit.

"Saya memegang dua (gurita) di antaranya pada hari yang sama. Saya mencoba memberi mereka jeruk. Setelah tahu tentang hewan itu, saya memanggil ayah saya dan menangis," tulis Phillips dalam keterangan di video yang ia unggah.

2 dari 4 halaman

Tidak Sembarangan Memegang Hewan

Video tersebut mengundang beragam komentar warganet. Beberapa pengguna TikTok memberikan saran agar tidak sembarangan memegang hewan apa pun.

"Jangan pernah mengambil, memegang, menyentuh, bahkan memakan apa pun yang berwarna cerah. Hewan atau tumbuhan," tulis pengguna yang mengklaim sebagai ahli kelautan. Ada juga yang mengatakan bahwa Phillips sangat beruntung karena berhasil selamat dari insiden tersebut.

Sanpai berita ini ditulis, video gurita cincin biru yang ditemukan di Bali dan diunggah pada 21 Maret 2021 itu sudah dilihat lebih dari 7,4 juta kali, serta disukai lebih dari 1,2 juta kali.

Tak hanya di Bali, tahun lalu, seekor gurita terlihat di kedalaman tujuh ribu meter di Palung Jawa, yaitu hampir dua kilometer (km) lebih dalam dari rekaman penampakan sebelumnya.

Berdasarkan laporan kanal Global Liputan6.com, Palung Jawa adalah palung di timur laut Samudra Hindia dengan panjang 2,6 ribu km dan kedalaman maksimal 7.725 meter. Palung ini merupakan palung terdalam kedua di Samudra Hindia setelah Palung Diamantina. 

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: