Sukses

Nenek di Malaysia Ungkap Rahasia Tetap Sehat di Usia 110 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nenek di Malaysia bernama Annamah Abukutty dinobatkan sebagai wanita tertua di Negeri Jiran tersebut. Nenek berusia 110 tahun itu merupakan satu-satunya wanita tertua yang masih dalam keadaan sehat dan bisa berbicara dengan baik.

Dilansir dari World of Buzz, 3 April 2021, nenek Annamah menghebohkan publik di media sosial terutama warganet Malaysia usai dinobatkan sebagai wanita tertua di negara tersebut. Nenek yang lahir di tahun 1910 itu genap berusia 110 tahun pada 31 Maret 2021.

Malaysia Book of Record (MBR) memberi penghargaan prestisius kepada nenek kelahiran Thachambadi, India, itu. Di usianya yang ke-110, Annamah memiliki 17 cucu dan tujuh cicit dari empat orang anaknya yang sudah menikah.

Nenek yang kini tinggal di Batu Gajah, Kota Perak, itu memiliki anak pertama yang saat ini berusia 73 tahun bernama M. Subramaniam. Yang mengejutkan lagi, semua anggota keluarganya masih dalam keadaan sehat dan tak ada satu pun yang meninggal dunia.

Lalu, apa yang membuat Annamah bisa tetap sehat di usia yang sudah mencapai 100 tahun lebih? Kepada cucunya, nenek Annamah mengaku rajin berpuasa hingga membuat dirinya sehat dan mampu mencapai usia panjang. Selain itu, ia juga jarang mengonsumsi makanan yang mengandung unsur kimia dan rajin meminum jamu tradisional.

"Dia biasa berpuasa setiap hari Senin untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya, tetapi dia sudah menghentikan itu sekitar 15 tahun lalu. Semua bahan dan produk makanan dibuat dari jamu tradisional oleh nenek saya dan keluarga telah mengumpulkan jamu secara manual," ungkap S. Ezhilan, cucu nenek Annamah yang kini berusia 41 tahun, dikutip dari The Star.

Tak hanya sang nenek, keempat anaknya sampai cucu dan cicitnya kemudian meniru pola hidup sang nenek. Mereka mengaku sangat jarang mengonsumsi makanan yang terbilang tidak sehat dan juga sering memakan obat dan jamu buatan nenek Annamah.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Bisa Mengingat

Menurut Subramaniam, ibunya sering memberikan saran seputar kesehatan dan tips panjang umur. Annamah memang dikenal ahli dalam obat-obatan herbal.

Sementara itu, menurut ketua MBR Christopher Wong, ia dan tim mengaku tak ragu menobatkan nenek Annamah sebagai wanita tertua di Malaysia saat ini. Ditambah lagi, kondisi sang nenek yang masih sehat dan bisa berbicara dengan baik semakin menyakinkan mereka kalau wanita keturunan India itu telah memecahkan rekor.

Kabarnya, nenek Annamah merupakan wanita dan manusia tertua di Malaysia yang masih hidup hingga saat ini. Kini, sang nenek hanya bisa duduk di kursi roda di usianya yang sudah sangat tua. Selain itu, mata kirinya juga tidak bisa melihat dan kedua kakinya tak bisa lagi berjalan.

Meski begitu, ingatan nenek Annamah disebut masih sangat baik atau tidak seperti nenek lainnya. Ia bahkan bisa mengingat perkataan orang lain dengan baik, dan masih lancar berbahasa Tamil dan Melayu. 

3 dari 3 halaman

9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.