Sukses

Museum Nasional Sudah Buka Kembali, Perlu Reservasi Online?

Liputan6.com, Jakarta - Per hari ini, Rabu (17/3/2021), Museum Nasional kembali membuka pintu mereka untuk pengunjung. Objek wisata yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah ini memulai operasional offline dengan menerapkan protokol kesehatan.

Termasuk di dalamnya mewajibkan setiap pengunjung melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Jam bukanya tercatat pada pukul 9.00--15.00 WIB. Lalu, apa saja aturan kunjungannya?

Lewat komentar di akun Instagram resminya, baru-baru ini, pihak museum menjabarkan beberapa poin kunjungan. Berbeda dengan kebanyakan objek wisata, termasuk di Jakarta, pengunjung tak perlu melakukan reservasi online.

Pembelian tiket, katanya, tetap dilakukan di loket museum. Kendati, tetap ada pemberlakuan maksimal kapasitas di dalam museum. "Pembatasannya 50 persen. Masih bisa untuk 200 orang setiap sesi. Nanti pada saat membeli tiket akan diarahkan," tulis mereka.

Aturan lain yang juga berbeda dari kebanyakan objek wisata, yakni anak berusia di bawah sembilan tahun dan lansia telah diperbolehkan berkunjung. Sebelumnya, Museum Nasional dilarang dikunjungi kelompok umur tersebut.

Periode-periode penutupan museum antara lain saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta, masa libur Natal dan Tahun Baru, serta pada periode Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Juga, sempat tutup untuk sterilisasi dan penyemprotan disinfektan.

2 dari 4 halaman

Tetap Layani Tur Virtual

Selain telah melayani kunjungan langsung, pihak Museum Nasional Indonesia juga tetap melayani virtual tur untuk sekolah dan komunitas. Pendaftarannya bisa dilakukan dengan mengklik tautan di akun Instagram mereka.

Di samping kunjungan virtual dan offline, pihaknya juga menyediakan podcast Kisah Nusantara yang bisa diakses di Spotify. Juga, panduan belajar yang diunggah di platform tersebut.

Pengumuman pembukaan kembali Museum Nasional terlihat disambut sejumlah orang. Beberapa dari mereka mengungkap kerinduan mengunjungi museum dan merasakan suasana di sana secara langsung. "Semoga minggu ini bisa berkunjung," tulis salah satunya.

3 dari 4 halaman

Infografis Hari Museum Internasional

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: